Page 40 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 40
kurang tercapai. Banyak peserta didik mendapat nilai yang tidak mencapai
KKM, sehingga perlu diberikan tindakan kelas
2) Rumus yang digunakan untuk menghitung ketuntasan belajar peserta
didik juga di gunakan rumus secara sederhana, yaitu sebagai berikut : 2 X
100 % = 200, 200 : 17 = 11,76% Keterangan = Yang tuntas hanya ada 2
orang dengan nilai di atas KKM, jadi saya kalikan dengan 100 %, kemudian
saya bagi dengan 17 peserta didik yang mengikuti Pre Tes yang di lakukan
secara zoom. Jadi hasilnya adalah = 11,76%. Berdasarkan tabel tes awal di
atas terlihat bahwa nilai hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA
Muhammadiyah 1 Palangkaraya dengan rata-rata hasil belajar sebanyak
orang peserta didik yang mencapai ≥ 60 sedangkan orang peserta didik
lainnya memperoleh ≥ 60.
Adapun ketuntasan klasikal pada test awal ini hanya mencapai 11,76%
dengan kategori sangat kurang tercapai, sedangkan indikator ketercapaian
yang diinginkan adalah 85% sehingga hal tersebut dapat dikatakan bahwa
ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1
Palangkaraya belum tuntas. Data Pre Test pada tabel 9 menunjukkan tingkat
kemampuan peserta didik sebelum penelitian tindakan kelas dilakukan ,
dengan uraian sebagai berikut:
1. Dari 23 orang peserta didik yang ada di absen dan yang hadir hanya 17
orang peserta didik saat kelas zoom ada 1 orang peserta didik dengan skor
100.
2. Dari 17 orang peserta didik yang hadir zoom tidak ada peserta didik yang
memperoleh skor 90.
3. Dari 17 orang peserta didik yang hadir zoom ada 1 peserta didik yang
memperoleh skor 80.
4. Dari 17 orang peserta didik yang hadir zoom, tidak ada peserta didik yang
memperoleh skor 70
5. Dari 17 orang peserta didik yang hadir zoom, tidak ada peserta didik yang
memperoleh skor 65.
6. Dari 17 orang peserta didik yang hadir zoom, ada 15 orang peserta didik
yang memperoleh skor di bawah 60.
Ketuntasan belajar klasikal belum mencapai hasil yang diharapkan yakni
85% sehingga peneliti menerapkan metode pembelajaran pemecahan
masalah (Problem Solving) untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan
peserta didik dalam
Hasil Penelitian | 35