Page 40 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 40

kurang tercapai. Banyak peserta didik mendapat nilai yang tidak mencapai
              KKM, sehingga perlu diberikan  tindakan kelas
          2)  Rumus  yang  digunakan  untuk  menghitung  ketuntasan  belajar  peserta
              didik juga di gunakan rumus secara sederhana, yaitu sebagai berikut : 2 X
              100 % = 200, 200 : 17 = 11,76% Keterangan = Yang tuntas hanya ada 2
              orang dengan nilai di atas KKM, jadi saya kalikan dengan 100 %, kemudian
              saya bagi dengan 17 peserta didik yang mengikuti Pre Tes yang di lakukan
              secara zoom. Jadi hasilnya adalah = 11,76%. Berdasarkan tabel tes awal di
              atas  terlihat  bahwa  nilai  hasil  belajar  peserta  didik  kelas  XI  IPA  3  SMA
              Muhammadiyah 1 Palangkaraya dengan rata-rata hasil belajar sebanyak
              orang peserta didik yang mencapai ≥ 60 sedangkan orang peserta didik
              lainnya memperoleh ≥ 60.

              Adapun  ketuntasan  klasikal  pada  test  awal  ini  hanya  mencapai  11,76%
          dengan  kategori  sangat  kurang  tercapai,  sedangkan  indikator  ketercapaian
          yang  diinginkan  adalah  85%  sehingga  hal  tersebut  dapat  dikatakan  bahwa
          ketuntasan  hasil  belajar  peserta  didik  kelas  XI  IPA  3  SMA  Muhammadiyah  1
          Palangkaraya belum tuntas. Data Pre Test pada tabel 9 menunjukkan tingkat
          kemampuan  peserta  didik  sebelum  penelitian  tindakan  kelas  dilakukan  ,
          dengan uraian sebagai berikut:
          1.  Dari 23 orang peserta didik yang ada di absen dan yang hadir hanya 17
              orang peserta didik saat kelas zoom ada 1 orang peserta didik dengan skor
              100.
          2.  Dari 17 orang peserta didik yang hadir zoom tidak ada peserta didik yang
              memperoleh skor 90.
          3.  Dari  17  orang  peserta  didik  yang  hadir  zoom  ada  1  peserta  didik  yang
              memperoleh skor 80.
          4.  Dari 17 orang peserta didik yang hadir zoom, tidak ada peserta didik yang
              memperoleh skor 70
          5.  Dari 17 orang peserta didik yang hadir zoom, tidak ada peserta didik yang
              memperoleh skor 65.
          6.  Dari 17 orang peserta didik yang hadir zoom, ada 15 orang peserta didik
              yang memperoleh skor di bawah 60.

              Ketuntasan belajar klasikal belum mencapai hasil yang diharapkan yakni
          85%  sehingga  peneliti  menerapkan  metode  pembelajaran  pemecahan
          masalah  (Problem  Solving)  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  dan  keaktifan
          peserta didik dalam



                                                                 Hasil Penelitian | 35
   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45