Page 38 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 38
HASIL PENELITIAN
A. DESKRIPSI DATA
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1
Palangkaraya, dengan melalui tahapan pertama yaitu observasi awal, adapun
jumlah responden yang diteliti adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA
Muhammadiyah 1 Palangkaraya yang berjumlah 23 orang peserta didik. Pada
penelitian tindakan kelas ini, ada beberapa hal yang diamati oleh peneliti
yaitu menyangkut aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran
berlangsung dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode
pembelajaran Pemecahan masalah (Problem Solving). Pada observasi awal,
diketahui bahwa pada kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi
peserta didik kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga
berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti menunjukkan bahwa hasil
belajar peserta didik yang diperoleh dari tes awal (pre-test) pada mata
pelajaran ekonomi masih banyak peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan. Hal ini dilihat dari 23 peserta didik hanya ada beberapa orang saja
yang tuntas dengan nilai mencapai KKM.
Tes awal dilakukan pada Rabu 15 Maret 2021 Pukul 07.00-08.30 WIB. Di
mana proses pembelajaran masih belum menggunakan metode pembelajaran
pemecahan Masalah (Problem Solving). Jumlah peserta didik yang hadir pada
saat dilaksanakannya tes awal/Pre test adalah 18 orang peserta didik dari 23
yang terdaftar di absen (jadi tidak semuanya yang hadir) soal yang diberikan
pada tes awal berjumlah 20 butir soal pilihan ganda. Hasil untuk pelaksanaan
tes awal adalah sebagai berikut :