Page 41 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 41
B. DESKRIPSI DATA SIKLUS I
1. Tahap Perencanaan Siklus I
Pada tahap perencanaan ini, peneliti membuat rencana pembelajaran
yang berisi langkah-langkah yang akan dilakukan pada saat proses
pembelajaran atau pemberian tindakan. Lembar penilaian atau lembar soal
ini telah direvisi oleh dua orang validasi pakar yang sudah peneliti lakukan
sebelumnya. Penelitian menyiapkan lembar pengamatan aktivitas guru dan
peserta didik.
2. Pelaksanaan Tindakan Siklus I
Pelaksanaan tindakan dilaksanakan pada hari Senin 15 Maret 2021 pukul
07.00 –08.30 WIB pada saat kegiatan pembelajaran, peneliti bertindak sebagai
guru yang menyajikan materi sedangkan untuk observer (Pengamat) adalah
dua guru ekonomi. Pada siklus I jumlah peserta didik yang hadir yaitu 17 orang
peserta didik dari 23 yang ada di absen ( Tidak semua hadir). Pada proses
pembelajaran, peneliti memberikan materi dan menerapkan pengertian dari
materi tentang Perpajakan Kepada peserta didik. Peserta didik diminta untuk
memperhatikan dan untuk mencatat materi apa yang diterapkan oleh guru
tanpa didikte.
3. Observasi
Observasi adalah penilaian yang dilakukan oleh pengamat, berupa
observasi kegiatan guru dan aktivitas peserta didik. Hasil observasi dari
observer yaitu dua guru ekonomi adalah sebagai berikut:
Data Observasi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran Menggunakan
Metode Pembelajaran Problem Solving Berbantuan IT Siklus I
Skor
No Kegiatan Awal Guru
P1 P2 R Ket
1. Persiapan kelas 3 3 3 Baik
2. Persiapan Materi Ekonomi Bserta Metode
3 4 3,5 Baik
Problem Solving
3. Persiapan Zoom Meetting Sangat
4 4 4
baik
4. Guru Menjelaskan materi menggunakan Zoom 4 3 3,5 Baik
36 | Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting