Page 46 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 46
Rumus yang digunakan untuk menghitung ketuntasan belajar peserta
didik secara klasikal, sebagai berikut :
x 70
TB = X100%
n
11
= X100%
11
= 100%
Berdasarkan tabel hasil tes siklus I terlihat hasil belajar peserta didik kelas
XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya maksimal. Hak ini dibuktikan
dengan rata-rata kelas pada pra tindakan hanya 48 dengan ketuntasan 11,76%
dan pada siklus I meningkat dengan rata – rata 69 dan ketuntasan klasikal 100%
hasil yang diperoleh pada siklus I sudah maksimal sehingga tidak dilanjutkan ke
siklus II.
d. Pengujian Hipotesis Tindakan
Pada pengujian hipotesis tindakan, dari data aktivitas guru dan peserta
didik yang diperoleh dalam lembar pengamatan, maka penelitian tindakan
kelas ini dapat dikatakan aktivitas peserta didik pada pembelajaran Ekonomi
dengan menggunakan Metode pembelajaran pemecahan masalah (problem
solving) di kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya menjadi lebih
baik. Pada pengujian hipotesis tindakan ini, dari data yang diperoleh pada
siklus I pada penelitian tindakan kelas ada peningkatan hasil belajar Ekonomi
tentang Perpajakan dikelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya.
e. Pembahasan Hasil penelitian
Berdasarkan pada data-data yang diperoleh dari hasil penelitian
pembelajaran mata pelajaran Ekonomi materi Manajemen siklus I tahun
pelajaran 2021 di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya dengan jumlah peserta
didik sebanyak 17 dari 23 yang terdaftar di absen sebagai subjek penelitian.
Data hasil penelitian yang dipaparkan yaitu berupa tes hasil belajar ( tes awal
dan siklus II ). Tes hasil belajar dilakukan untuk mengetahui ketuntasan peserta
didik pada mata pelajaran Ekonomi materi Perpajakan dalam perekonomian
setelah proses pembelajaran berlangsung. Secara terperinci data hasil
penelitian pra Tindakan dan siklus I dipaparkan sebagai berikut :
a) Hasil observasi terhadap aktivitas guru dan peserta didik dalam
pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan Metode pembelajaran
pemecahan masalah (problem solving) saat pembelajaran berlangsung
Hasil Penelitian | 41