Page 46 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 46

Rumus yang digunakan untuk menghitung ketuntasan belajar peserta
          didik secara klasikal, sebagai berikut :

                     x  70
              TB =           X100%
                       n
               11
              =    X100%
               11
             = 100%

              Berdasarkan tabel hasil tes siklus I terlihat hasil belajar peserta didik kelas
          XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya maksimal. Hak ini dibuktikan
          dengan rata-rata kelas pada pra tindakan hanya 48 dengan ketuntasan 11,76%
          dan pada siklus I meningkat dengan rata – rata 69 dan ketuntasan klasikal 100%
          hasil yang diperoleh pada siklus I sudah maksimal sehingga tidak dilanjutkan ke
          siklus II.

          d.  Pengujian Hipotesis Tindakan
              Pada  pengujian  hipotesis  tindakan,  dari  data  aktivitas  guru  dan  peserta
          didik  yang  diperoleh  dalam  lembar  pengamatan,  maka  penelitian  tindakan
          kelas ini dapat dikatakan  aktivitas peserta didik pada pembelajaran Ekonomi
          dengan  menggunakan  Metode  pembelajaran  pemecahan  masalah  (problem
          solving) di kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya menjadi lebih
          baik.  Pada  pengujian  hipotesis  tindakan  ini,  dari  data  yang  diperoleh  pada
          siklus I pada penelitian tindakan kelas ada peningkatan hasil belajar Ekonomi
          tentang Perpajakan dikelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya.

          e.  Pembahasan Hasil penelitian
              Berdasarkan  pada  data-data  yang  diperoleh  dari  hasil  penelitian
          pembelajaran  mata  pelajaran  Ekonomi  materi  Manajemen  siklus  I  tahun
          pelajaran 2021 di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya dengan jumlah peserta
          didik sebanyak 17 dari 23 yang terdaftar di absen sebagai subjek penelitian.
          Data hasil penelitian yang dipaparkan yaitu berupa tes hasil belajar ( tes awal
          dan siklus II ). Tes hasil belajar dilakukan untuk mengetahui ketuntasan peserta
          didik  pada  mata  pelajaran  Ekonomi  materi  Perpajakan  dalam  perekonomian
          setelah  proses  pembelajaran  berlangsung.  Secara  terperinci  data  hasil
          penelitian pra Tindakan dan siklus I dipaparkan sebagai berikut :
          a)  Hasil  observasi  terhadap  aktivitas  guru  dan  peserta  didik  dalam
              pembelajaran  Ekonomi  dengan  menggunakan  Metode  pembelajaran
              pemecahan masalah (problem solving) saat pembelajaran berlangsung

                                                                 Hasil Penelitian | 41
   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51