Page 50 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 50

meningkat pada hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah
          1 Palangkaraya sehingga penelitian tindakan kelas ini dapat dianggap berhasil.
              Berdasarkan  hasil  penelitian,  maka  dapat  disimpulkan  sebagai  berikut:
          Aktivitas  belajar  peserta  didik  kelas  XI  IPA  3  SMA  Muhammadiyah  1
          Palangkaraya  dengan  menggunakan  metode  pembelajaran  pemecahan
          masalah (problem solving) menjadi lebih baik. Pra siklus (pre test) nilai rata –
          rata  yang  diperoleh  peserta  didik  adalah  48,  siklus  I  aktivitas  peserta  didik
          memperoleh skor 3,37 yang termasuk ke dalam kategori baik. Ada peningkatan
          hasil belajar Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran pemecahan
          masalah (problem solving) pada peserta didik kelas XI IPA 3 Muhammadiyah 1
          Palangkaraya dilihat perolehan nilai rata-rata pada pra tindakan atau pre test
          adalah 48,52 dengan ketuntasan belajar klasikal 11,76 % sedangkan pada siklus
          I  (pose  test)  memperoleh  nilai  rata-rata  69  dan  nilai  ketuntasan  klasikal
          mencapai 100%.

          g.  Rekomendasi
              Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  dilakukan  pada  peserta  didik  kelas  XI
          IPA  3  SMA  Muhammadiyah  1  Palangkaraya  bahwa  dengan  menggunakan
          model  pembelajaran  dalam  pembelajaran  Ekonomi  pada  materi  Perpajakan
          dapat  meningkatkan  hasil  belajar  Ekonomi.  Disarankan:  Bagi  kepala  sekolah,
          diharapkan  menyarankan  guru  –  guru  menggunakan  metode  pembelajaran
          problem  solving  pada  saat  proses  pembelajaran  agar  dapat  meningkatkan
          keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Bagi guru diharapkan dapat memilih
          metode  pembelajaran  yang  tepat  sesuai  materi  yang  diajarkan,  karena
          penggunaan  metode  pembelajaran  yang  tepat  dapat  meningkatkan  hasil
          belajar  peserta  didik.  Bagi  peneliti  selanjutnya,  peneliti  ini  dapat  dijadikan
          sebagai referensi bahan bacaan untuk bisa melakukan penelitian selanjutnya
          dengan variabel yang berbeda dan jumlah populasi yang lebih banyak.














                                                                 Hasil Penelitian | 45
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54