Page 50 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 50
meningkat pada hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah
1 Palangkaraya sehingga penelitian tindakan kelas ini dapat dianggap berhasil.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
Aktivitas belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1
Palangkaraya dengan menggunakan metode pembelajaran pemecahan
masalah (problem solving) menjadi lebih baik. Pra siklus (pre test) nilai rata –
rata yang diperoleh peserta didik adalah 48, siklus I aktivitas peserta didik
memperoleh skor 3,37 yang termasuk ke dalam kategori baik. Ada peningkatan
hasil belajar Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran pemecahan
masalah (problem solving) pada peserta didik kelas XI IPA 3 Muhammadiyah 1
Palangkaraya dilihat perolehan nilai rata-rata pada pra tindakan atau pre test
adalah 48,52 dengan ketuntasan belajar klasikal 11,76 % sedangkan pada siklus
I (pose test) memperoleh nilai rata-rata 69 dan nilai ketuntasan klasikal
mencapai 100%.
g. Rekomendasi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada peserta didik kelas XI
IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya bahwa dengan menggunakan
model pembelajaran dalam pembelajaran Ekonomi pada materi Perpajakan
dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi. Disarankan: Bagi kepala sekolah,
diharapkan menyarankan guru – guru menggunakan metode pembelajaran
problem solving pada saat proses pembelajaran agar dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Bagi guru diharapkan dapat memilih
metode pembelajaran yang tepat sesuai materi yang diajarkan, karena
penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik. Bagi peneliti selanjutnya, peneliti ini dapat dijadikan
sebagai referensi bahan bacaan untuk bisa melakukan penelitian selanjutnya
dengan variabel yang berbeda dan jumlah populasi yang lebih banyak.
Hasil Penelitian | 45