Page 47 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 47
diamati oleh dua orang pengamat yaitu guru ekonomi dan teman sejawat.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh pengamat I dan pengamat
II pada siklus I skor rata-rata diperoleh untuk pengamatan aktivitas guru
adalah 3,35 yang termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada aktivitas
peserta didik dalam pelaksanaan siklus I memperoleh skor rata-rata 3,37
yang termasuk dalam kategori baik.
b) Hasil belajar peserta didik diperoleh data hasil tes awal nilai rata-rata
peserta didik yang hanya memperoleh nilai rata-rata 48 nilai ini masih
belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu 60.
Hasil ketuntasan klasikal juga hanya memperoleh 42,85% sedangkan
kriteria ketuntasan klasikal minimal 85%. Melalui pembelajaran
menggunakan metode pembelajaran pemecahan masalah (problem
solving) dengan pemberian tugas dan tanya jawab pada siklus I nilai rata-
rata peserta didik mengalami peningkatan sebesar 100%. Peneliti
menganggap pada siklus I ini sudah berhasil karena telah mencapai nilai
ketuntasan secara klasikal.
Berdasarkan data-data tersebut di atas dengan menggunakan metode
pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) peserta didik dapat
meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran Perpajakan. Berdasarkan hasil penelitian Widia Ratna Sari (2012) ada
peningkatan dalam penerapan model pembelajaran problem solving dalam
kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMAN-9
Malang.
Nilai Aktivitas guru dan peserta didik dalam kegiatan Belajar Mengajar
No Aktivitas Nilai Rata – rata
1 Aktivitas Guru 3,35
2 Aktivitas Peserta Didik 3,37
42 | Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting