Page 47 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 47

diamati oleh dua orang pengamat yaitu guru ekonomi dan teman sejawat.
              Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh pengamat I dan pengamat
              II pada siklus I skor rata-rata diperoleh untuk pengamatan aktivitas guru
              adalah 3,35 yang termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada aktivitas
              peserta didik dalam pelaksanaan siklus I memperoleh skor rata-rata 3,37
              yang termasuk dalam kategori baik.
          b)  Hasil  belajar  peserta  didik  diperoleh  data  hasil  tes  awal  nilai  rata-rata
              peserta  didik  yang  hanya  memperoleh  nilai  rata-rata  48  nilai  ini  masih
              belum  mencapai  kriteria  ketuntasan  minimal  yang  ditentukan  yaitu  60.
              Hasil  ketuntasan  klasikal  juga  hanya  memperoleh  42,85%  sedangkan
              kriteria  ketuntasan  klasikal  minimal  85%.  Melalui  pembelajaran
              menggunakan  metode  pembelajaran  pemecahan  masalah  (problem
              solving) dengan pemberian tugas dan tanya jawab pada siklus I nilai rata-
              rata  peserta  didik  mengalami  peningkatan  sebesar  100%.  Peneliti
              menganggap pada siklus I ini sudah berhasil karena telah mencapai nilai
              ketuntasan secara klasikal.

              Berdasarkan  data-data  tersebut  di  atas  dengan  menggunakan  metode
          pembelajaran  pemecahan  masalah  (problem  solving)  peserta  didik  dapat
          meningkatkan  aktivitas  belajar  dan  hasil  belajar  peserta  didik  pada  mata
          pelajaran Perpajakan. Berdasarkan hasil penelitian Widia Ratna Sari (2012) ada
          peningkatan  dalam  penerapan  model  pembelajaran  problem  solving  dalam
          kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMAN-9
          Malang.

               Nilai Aktivitas guru dan peserta didik dalam kegiatan Belajar Mengajar
          No                  Aktivitas                     Nilai Rata – rata

          1     Aktivitas Guru                                   3,35
          2     Aktivitas Peserta Didik                          3,37












          42 | Metode Problem Solving  Berbantuan Media Zoom Meeting
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52