Page 48 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 48

Grafik  Nilai  Aktivitas  Guru  dan  Peserta  Didik  dalam  Kegiatan  Belajar
          Mengajar


























          f.   Hasil Belajar Peserta Didik
              Hasil belajar yang diperoleh berdasarkan hasil tes pada peserta didik kelas
          XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya dengan menggunakan Metode
          pembelajaran pemecahan Masalah (problem solving).dapat dilihat pada tabel
          berikut

                                 Nilai Hasil Belajar peserta Didik
                                            Hasil Belajar
            No
                            Nilai              Rata – rata        Ketuntasan
          1             Pra Tindakan              48                11,76 %

          2                Siklus I               69                 100%

              Berdasarkan tabel di atas, dapat dilihat bahwa nilai  – nilai peserta didik
          hanya  memperoleh  48  dan  ketuntasan  klasikalnya  adalah  11,76  %,  nilai  ini
          sangat jauh dari kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditentukan yaitu 85%.
          Kemudian  pada  siklus  I  mengalami  peningkatan  di  mana  nilai  rata-rata  yang
          diperoleh  adalah  69,  dan  ketuntasan  klasikalnya  mencapai  100%  (  mencapai
          nilai ketuntasan belajar yang telah diterapkan sebesar 85%). Adapun nilai rata-
          rata hasil belajar peserta didik disajikan dengan bentuk grafik berikut ini :

                                                                 Hasil Penelitian | 43
   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53