Page 48 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 48
Grafik Nilai Aktivitas Guru dan Peserta Didik dalam Kegiatan Belajar
Mengajar
f. Hasil Belajar Peserta Didik
Hasil belajar yang diperoleh berdasarkan hasil tes pada peserta didik kelas
XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya dengan menggunakan Metode
pembelajaran pemecahan Masalah (problem solving).dapat dilihat pada tabel
berikut
Nilai Hasil Belajar peserta Didik
Hasil Belajar
No
Nilai Rata – rata Ketuntasan
1 Pra Tindakan 48 11,76 %
2 Siklus I 69 100%
Berdasarkan tabel di atas, dapat dilihat bahwa nilai – nilai peserta didik
hanya memperoleh 48 dan ketuntasan klasikalnya adalah 11,76 %, nilai ini
sangat jauh dari kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditentukan yaitu 85%.
Kemudian pada siklus I mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata yang
diperoleh adalah 69, dan ketuntasan klasikalnya mencapai 100% ( mencapai
nilai ketuntasan belajar yang telah diterapkan sebesar 85%). Adapun nilai rata-
rata hasil belajar peserta didik disajikan dengan bentuk grafik berikut ini :
Hasil Penelitian | 43