Page 44 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 44
Jadi berdasarkan hasil perhitungan rata – rata pada pengamat I dan II
terhadap kegiatan peserta didik pada pelaksanaan siklis I memperoleh nilai
rata – rata 3,37 yang termasuk ke dalam kategori baik.
4. Refleksi
Dari hasil table 10 terlihat baik respon yang dimunculkan peserta didik
dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan Metode
pembelajaran pemecahan masalah (Problem Solving). Setelah di kalkukasikan
dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan pada hasil pengamatan
termasuk ke dalam kriteria baik. Melihat dari hasil yang didapat baik secara
kualitatif maupun kuantitatif ternyata kegiatan pada siklus I sudah mencapai
kriteria ketuntasan yang telah dicapai yaitu 85%. Pada siklus I ini dapat dilihat
bahwa ketuntasan yang telah dicapai yaitu 100%. Maka penelitian ini dianggap
sudah mencapai indicator keberhasilan dan tidak perlu dilanjutkan ke siklus
berikutnya ( siklus II ).
5. Data Hasil Belajar Siklus I
Data hasil belajar diperoleh dari tes yang dilakukan setelah selesai
pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas siklus I. Soal yang diberikan
pada post tes ini sama dengan soal yang diberikan pada kegiatan pra test, yaitu
berjumlah 20 butir soal pilihan ganda. Data tersebut disajikan pada table
berikut ini.
Inisial Nama Keterangan
Nilai pra Nilai Siklus
No Peserta keterangan
tindakan 1 T TT
didik
1 AA 55 Meningkat 5 60 √ -
2 AK 40 Meningka 20 60 √ -
3 DFN 80 Meningkat 5 85 √ -
4 IMJ 20 Meningkat 60 √ -
40
5 JF 55 Meningkat 70 √ -
15
6 LN 100 Tetap stabil 100 √ -
Hasil Penelitian | 39