Page 39 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 39
Isian Nama Ketuntasan
No Nilai T TT
Peserta Didik
(Tuntas ≥ 60) (Tidak Tuntas < 60)
1. AA 55 √
2. AK 40 √
3. APD 45 √
4. DFN 80 √
5. F -
6. IMJ 20 √
7. JF 55 √
8. LN 100 √
9. MRA 55 √
10. NFR 40 √
11. S 30 √
12. SNH 55 √
13. TA 55 √
14. RNH 35 √
15. RR 30 √
16. PSK 40 √
17. RA 35 √
18. UVPS 55 √
Jumlah 825
Rata – Rata 48
Ketuntasan 11,76% Tidak Tuntas
Jumlah data pada tabel 9 adalah jumlah peserta didik pada saat
dilaksanakannya Pre Test.
1) Menghitung nilai rata – rata untuk mengetahui nilai ketuntasan minimal
peserta didik, dengan rumus sederhana sebagai berikut : 825 adalah hasil
dari nilai keseluruhan peserta didik yang sudah di tambah. Jumlah data =
17 peserta didik yang mengikuti Pre Tes, Nilai rata-rata = 825/17 = 48 Jadi
nilai rata-rata Pre Tes pada 17 peserta didik tersebut adalah 48. Nilai
ketuntasan belajar ekonomi yang diterapkan di sekolah yaitu 60.
Berdasarkan tabel 9 nilai pra tindakan diketahui bahwa 17 orang peserta
didik , berdasarkan . Berdasarkan hasil perhitungan nilai rata-rata, maka
dapat dilihat nilai rata-rata peserta didik kelas XI IPA 3 SMA
Muhammadiyah 1 Palangkaraya adalah yang termasuk kriteria sangat
34 | Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting