Page 161 - Evaluasi Pembelajaran
P. 161

pembeda  butir  tes.  Akan  tetapi,persentase    kelompok
               upper  dan  lower  yang  terlalu  kecil  akan  menurunkan
               tingkat kepercayaan kita pada hasil perhitungan karena
               sedikitnya  sampel  pesertanya.  Fenomena  sebaliknya
               terjadi jika persentase kelompok upper dan lower terlalu
               besar. Persentase kelompok upper dan lower yang terlalu
               besar  akan  mempersempit  kontras  antar  kedua
               kelompok  tersebut,  yang  berarti  menurunkan  daya
               pembeda  butir  soal  dan  sebaliknya  akan  meningkatkan
               kepercayaan kita  karena  sampel  yang  lebih  besar.  Naga
               (1997)  menyarankan  besaran  persentase  kelompok
               upper  dan  lower  berada  dalam  rentangan  20%  sampai
               33%.

            2.  Data hasil tes sebelumnya. Evaluator dapat menentukan
               kelompok  upper  dan  kelompok  lower  berdasarkan
               informasi  atau  data  yang  telah  dimilikinya.  Dalam
               evaluasi  hsail  belajar  di  sekolah,  guru  umumnya  sudah
               mengetahui  siapa  peserta  didik  yang  pintar  dan  siapa
               peserta  didik  yang  kurang  pintar.  Informasi  ini  dapat
               digunakan  oleh  guru  maupun  evaluator  sebagai  dasar
               untuk menentukan kelompok upper dan lower.
             Terdapat  beberapa  rumus  yang  dapat  digunakan  untuk
           menentukan  daya  pembeda  (DP),  antara  lain  yang  paling
           populer adalah rumus yang mencari kontras antara kelompok
           upper dan lower, yakni sebagai berikut:

                      (Ui – Li)
           DPi = ---------- ……………………….(Naga, 1992)
                      (U + L)

           Keterangan :
           DPi  = Daya pembeda butir i
           Ui   = Jumlah kelompok upper yang menjawab benar butir i.
           Li   = Jumlah kelompok lower yang menjawab benar butir i.
           (U+L) = Jumlah kelompok upper dan lower.

           150
   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166