Page 162 - Evaluasi Pembelajaran
P. 162
Untuk penarikan simpulan, evaluator dapat berpatokan
kepada kriteria yang dikemukakan Naga (1997), sebagai
berikut:
DP < 0,20 Butir dibuang
0,20 ≤ DP < 0,30 Butir mengalami banyak revisi
0,30 ≤ DP < 0,40 Butir mengalami sedikit revisi
DP ≥ 0,40 Butir memuaskan, tanpa perlu revisi
Sebagai patokan, umumnya evaluator beranggapan bahwa
daya pembeda suatu butir dianggap baik dan dapat diterima
jika DP ≥ 0,30, meskipun mungkin membutuhkan beberapa
revisi.
Contoh:
Seorang evaluator akan menghitung daya pembeda butir-
butir tes pilihan ganda sebanyak 10 butir tes, yang
diujicobakan kepada 30 orang peserta ujicoba, dengan hasil
ujicoba sebagai berikut:
Tabel 5.18. Contoh data hasil ujicoba untuk menguji daya pembeda
Kode 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Total
peserta
1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 9
2 0 0 0 0 1 0 0 0 1 1 3
3 1 0 0 1 0 1 0 0 1 0 4
4 1 1 0 1 1 1 1 1 1 0 8
5 0 1 1 0 0 1 0 0 0 1 4
6 1 0 1 0 1 0 1 0 0 0 4
7 1 0 1 0 1 0 1 1 1 0 6
8 1 1 0 0 0 1 1 0 1 0 5
9 1 1 1 1 0 1 1 1 1 0 8
10 0 1 1 1 0 0 0 1 1 1 6
11 1 1 1 1 0 0 1 0 0 0 5
12 1 0 0 1 1 1 0 0 1 1 6
151