Page 49 - Evaluasi Pembelajaran
P. 49

disepakati secara luas. Timbangan juga merupakan alat ukur
           yang  standar  untuk  mengukur  berat  benda,  karena  telah
           diyakini akurasinya dan disepakati secara luas.
             Dalam  pengukuran  hasil  belajar,  aspek  yang  kita  ukur
           merupakan  aspek  psikologis  yang  bersifat  laten  atau
           tersembunyi,  sehingga  yang  dapat  kita  ukur  hanyalah
           gejalanya saja. Peserta pengukuran diberikan suatu stimulus
           atau rangsangan tertentu, melalui suatu instrumen, sehingga
           dihasilkan  respon.  Respon  itulah  yang  kemudian  dicatat
           dalam  bentuk  angka.    Mardapi  (2012)  menyatakan  bahwa
           pengukuran  tidak  lagsung  pada  dasarnya  merupakan  upaya
           kuantifakasi  terhadap obyek non fisik, termasuk diantaranya
           adalah  gejala.  Pengukuran aspek-aspek  psikologis,  termasuk
           hasil  belajar,  merupakan  pengukuran  tidak  langsung.
           Tantangan  utama  pengukuran  tidak  langsung  adalah
           menyiapkan  alat  ukur  yang  standar,  sehingga  hasil
           pengukurannya dapat dipercaya. Artinya, jika instrumen yang
           digunakan  kurang  handal,  maka  skor  hasil  pengukurannya
           kurang  dapat  dipercaya.  Masalahnya  adalah,  dalam
           pengukuran  hasil  belajar,  kita  sering  mengalami  kesulitan
           untuk menemukan suatu instrumen yang standar dan dapat
           dipercaya  pada  suatu  waktu  tertentu.  Soal-soal  pada  bank
           soal sering telah out of date.  Penggunaan butir-butir soal tes
           dari  bank  soal  misalnya,  sering  terkendala  dengan  adanya
           perubahan  karakteristik  peserta  didik  dan  perubahan
           kurikulum  pendidikan,  sehingga  soal-soal  tersebut  kurang
           relevan.
             Dengan  demikian,  tantangan  utama  dalam  pengukuran
           hasil  belajar  adalah  menyusun  instrumen  yang  up  to  date,
           yang mampu mengukur karateristik dan capaian hasil belajar
           peserta didik pada suatu waktu tertentu. Untuk itu diperlukan
           perencanaan yang matang, kehati-hatian dan ketelitian dalam
           menyusun  instrumen  pengukuran  hasil  belajar,  sehingga
           diperoleh  instrumen  yang  standar  dan  hasil  pengukurannya
           dapat  dipercaya.  Langkah-langkah  penyusunan  instrumen



           38
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54