Page 50 - Evaluasi Pembelajaran
P. 50

yang baik harus diikuti agar diperoleh instrumen pengukuran
            hasil belajar yang handal.
               Sebagai catatan, perlu dibedakan makna antara instrumen
            dengan  butir-butir  instrumen.  Instrumen  bermakna  sebagai
            kumpulan atau seperangkat alat, yakni merupakan kumpulan
            butir-butir  atau  item  pertanyaan  atau  pernyataan.  Misalnya
            kita akan mengukur hasil belajar IPS menggunakan tes hasil
            belajar IPS yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda (PG)
            dan  5  soal  utaian.  Dalam  konteks  ini,  tes  hasil  belajar  IPS
            merupakan     perangkat    atau   instrumen    pengukuran,
            sedangkan  butir-butir  pertanyaan  dalam  tes  tersebut
            merupakan  butirbutir  instrumen.  Pemahaman  tentang
            perbedaan makna tersebut penting untuk difahami terutama
            dalam  pembahasan  tentang  langkah-langkah  penyusunan
            instrumen dan pengujian kehandalan instrumen.

            B. Jenis Instrumen Pengukuran Hasil Belajar.
               Secara  umum,  instrumen  pengukuran  hasil  belajar  dapat
            dibedakan menjadi jenis tes dan non tes (Lestari & Setiawan,
            2017). Pembagian ini didasarkan pada teknik penggunaannya.
            Perbedaan antara keduanya dijelaskan sebagai berikut:
              1.  Tes
                   Pengertian tes dapat dipandang dari dua sisi, yakni tes
                 sebagai  teknik  pengukuran  dan  tes  sebagai  alat  ukur.
                 Sebagai teknik pengukuran, tes (atau disebut pula teknik
                 tes) didefinisikan sebagai suatu prosedur yang digunakan
                 untuk  mengukur  hasil  belajar,  khususnya  dalam  aspek
                 kognitif  dan  psikomotor.  Sedangkan  sebagai  alat  ukur
                 pengukuran  pendidikan,  tes  didefinisikan  sebagai
                 sekumpulan pertanyaan atau pernyataan yang digunakan
                 untuk mengukur hasil belajar. Ciri utama tes sebagai alat
                 ukur  dapat  dilihat  dari  pola  jawaban  peserta  didik
                 sebagai  orang  yang  memberi  respon  (responden),  yang
                 mana  jawaban  responden  bisa  bernilai  benar  bisa  pula
                 bernilai  salah.  Artinya,  ketika  peserta  didik  diberikan
                 suatu pertanyaan, maka jawaban yang diberikannya bisa

                                                                     39
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55