Page 44 - Evaluasi Pembelajaran
P. 44

terdapat  perbedaan  antara  pengetahuan  atau  mengetahui
            sesuatu, dengan mengetahui tentang cara melakukan sesuatu
            (Mulatsih, 2021). Adanya pemetaan secara rinci pengetahuan
            kognitif,  menyebabkan  perbedaan  makna  antara  keduanya,
            yang  juga  beriakibat  terhadap  cara  pengukurannya.
            Mengetahui  sesuatu  dapat  berupa  pengetahuan  faktual,
            konseptual,  atau  metakognitif.  Sedangkan  mengetahui
            tentang  cara  melakukan  sesuatu  termasuk  pengetahuan
            procedural.  Pemetaan  secara  lebih  rinci  aspek  kognitif,
            membantu  evaluator  menyusun  kata-kata  operasional  yang
            lebih terukur.

               Adanya  revisi  pada  aspek  kognitif,  menyebabkan  adanya
            perubahan pada kata-kata operasional yang biasa digunakan
            dalam  merumuskan  tujuan  pembelajaran  maupun  tujuan
            pengukuran  hasil  belajar.  Pemilihan  kata  yang  tepat  dan
            operasional  dalam  tujuan  pembelajaran  dan  tujuan
            pengukuran, akan memudahkan guru untuk mengindentfikasi
            aspek  hasil  belajar  yang  akan  diukur.  Selain  itu,  juga  akan
            memudahkan guru selaku evaluator dalam menentukan kata
            atau  kalimat  perintah  dalam  menyusun  butir-butir
            pertanyaan  atau  pernyataan  pada  instrument  yang
            digunakan.
               Deskripsi  tentang  kata-kata  operasional  yang  digunakan
            dalam  menentukan  tujuan  pembelajaran  adalah  sebagai
            berikut:

            B. Kata Operasional untuk Aspek Kognitif
               Dalam  menyusun  tujuan  pembelajaran  dan  tujuan
            pengukuran  aspek  kognitif,  guru  harus  terlebih  dahulu
            menentukan  aspek  proses  dan  dimensi  kognitif  seperti  apa
            yang  dihatapkan  akan  terjadi  ada  peserta  didik  setelah
            memperoleh pembelajaran. Misalkan hasil pembelajaran yang
            diharapkan adalah: Peserta didik dapat menyebutkan nama
            presiden RI pertama, maka kata menyebutkan dalam tujuan
            pembelajaran  tersebut  merupakan  kemampuan  yang
            diharapkan  terjadi  sebagai  hasil  pembelajaran.  Dengan

                                                                     33
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49