Page 39 - Evaluasi Pembelajaran
P. 39

keterkaitan  antara  satu  aspek  dengan  aspek  lainnya.  Asrul
           dkk  (2015),  memandang  keterkaitan  antara  ketiga  aspek
           tersebut sebagai penunjang semua sofskill dan hardskill hasil
           belajar  yang  diharapkan,  yang  membentuk  kemampuan
           (ability) seseorang. Hal itu digambarkan dalam piramida hasil
           belajar sebagai berikut:













                  Gambar 3.1. Keterkaitan antara aspek-aspek hasil belajar

             Dengan  demikian,  aspek  kognitif  menekankan  pada
           peserta didik untuk mengetahui tentang sesuatu, aspek sikap
           menekankan  pada  peserta  didik  untuk  mengetahui  tentang
           mengapa, dan aspek keterampilan menekankan pada peserta
           didik untuk mengetahui tentang bagaimana (Asrul dkk, 2015).
           Pada  kenyataannya,  aspek  pengetahuan  juga  mendasari
           adanya  sikap  dan  keterampilan.  Demikian  pula  sebaliknya,
           tumbuhnya  aspek  sikap  positif  terhadap  sesuatu  akan
           menumbuhkan  motivasi  untuk  meningkatkan  pengetahuan
           dan keterampilan. Dengan kata lain, aspek-aspek hasil belajar
           tersebut  bukanlah  berdiri  masing-masing,  tetapi  ada
           keterkaitan  berupa  hubungan  timbal  balik  antara  ketiga
           aspek  hasil  belajar  tersebut.  Dalam  pandangan  para  ahli
           pengukuran,   kemampuan      (ability)   diartikan   sebagai
           kombinasi antara pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hal

           28
   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44