Page 39 - Evaluasi Pembelajaran
P. 39
keterkaitan antara satu aspek dengan aspek lainnya. Asrul
dkk (2015), memandang keterkaitan antara ketiga aspek
tersebut sebagai penunjang semua sofskill dan hardskill hasil
belajar yang diharapkan, yang membentuk kemampuan
(ability) seseorang. Hal itu digambarkan dalam piramida hasil
belajar sebagai berikut:
Gambar 3.1. Keterkaitan antara aspek-aspek hasil belajar
Dengan demikian, aspek kognitif menekankan pada
peserta didik untuk mengetahui tentang sesuatu, aspek sikap
menekankan pada peserta didik untuk mengetahui tentang
mengapa, dan aspek keterampilan menekankan pada peserta
didik untuk mengetahui tentang bagaimana (Asrul dkk, 2015).
Pada kenyataannya, aspek pengetahuan juga mendasari
adanya sikap dan keterampilan. Demikian pula sebaliknya,
tumbuhnya aspek sikap positif terhadap sesuatu akan
menumbuhkan motivasi untuk meningkatkan pengetahuan
dan keterampilan. Dengan kata lain, aspek-aspek hasil belajar
tersebut bukanlah berdiri masing-masing, tetapi ada
keterkaitan berupa hubungan timbal balik antara ketiga
aspek hasil belajar tersebut. Dalam pandangan para ahli
pengukuran, kemampuan (ability) diartikan sebagai
kombinasi antara pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hal
28