Page 38 - Evaluasi Pembelajaran
P. 38
BAB III
ASPEK-ASPEK PENGUKURAN HASIL BELAJAR
B
erdasarkan taksonomi yang digagas oleh Benjamin S.
Bloom pada tahun 1956, hasil belajar dapat dibedakan
menjadi 3 aspek atau ranah, yakni aspek kognitif (cognitive),
sikap (affective), dan aspek keteranpilan (psychomotor).
Taksonomi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang
pengelompokkan, struktur atau hirarki. Pengelompokkan ini
kemudian dikenal luas dengan istilah taksonomi Bloom.
Pengelompokkan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Aspek kognitif, adalah aspek yang berisi pengertian,
pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan berfikir
lainnya. Hasil belajar peserta didik yang berupa
kemampuan mengingat, memahami, mengaplikasikan
konsep, dan semacamnya, merupakan contoh hasil
belajar aspek kognitif.
2. Aspek sikap, adalah hasil belajar terkait dengan perasaan,
emosi, dan apresiasi. Contohnya adalah minat belajar,
motivasi belajar, sikap terhadap mata pelajaran tertentu,
kemampuan adaptasi, dan sebagainya.
3. Aspek keterampilan, adalah hasil belajar berbentuk
perilaku motorik atau penguasaan keahlian tertentu.
Misalnya adalah kemampuan mengetik, kemampuan dan
kecepatan berlari dalam mata pelajaran olahraga,
mengoperasikan mesin, dan sebagainya.
Dalam konteks proses pembelajaran, ketiga aspek hasil
belajar tersebut tidaklah berdiri sendiri. Ada saling
27