Page 38 - Evaluasi Pembelajaran
P. 38

BAB III

             ASPEK-ASPEK PENGUKURAN HASIL BELAJAR





            B
                erdasarkan  taksonomi  yang  digagas  oleh  Benjamin  S.
                Bloom  pada  tahun  1956,  hasil  belajar  dapat  dibedakan
            menjadi 3 aspek atau ranah, yakni aspek kognitif (cognitive),
            sikap  (affective),  dan  aspek  keteranpilan  (psychomotor).
            Taksonomi  sendiri  adalah  ilmu  yang  mempelajari  tentang
            pengelompokkan, struktur atau hirarki. Pengelompokkan ini
            kemudian  dikenal  luas  dengan  istilah  taksonomi  Bloom.
            Pengelompokkan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

              1.  Aspek  kognitif,  adalah  aspek  yang  berisi  pengertian,
                 pengetahuan,  pemahaman,  dan  keterampilan  berfikir
                 lainnya.  Hasil  belajar  peserta  didik  yang  berupa
                 kemampuan  mengingat,  memahami,  mengaplikasikan
                 konsep,  dan  semacamnya,  merupakan  contoh  hasil
                 belajar aspek kognitif.
              2.  Aspek sikap, adalah hasil belajar terkait dengan perasaan,
                 emosi,  dan  apresiasi.  Contohnya  adalah  minat  belajar,
                 motivasi belajar, sikap terhadap mata pelajaran tertentu,
                 kemampuan adaptasi, dan sebagainya.
              3.  Aspek  keterampilan,  adalah  hasil  belajar  berbentuk
                 perilaku  motorik  atau  penguasaan  keahlian  tertentu.
                 Misalnya adalah kemampuan mengetik, kemampuan dan
                 kecepatan  berlari  dalam  mata  pelajaran  olahraga,
                 mengoperasikan mesin, dan sebagainya.

               Dalam  konteks  proses  pembelajaran,  ketiga  aspek  hasil
            belajar  tersebut  tidaklah  berdiri  sendiri.  Ada  saling


                                                                     27
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43