Page 33 - Evaluasi Pembelajaran
P. 33

pula  halnya  ketika  kita  mengukur  suhu,  kita  dapat  secara
           langsung  membandingkan  ukuran  suhu  pada  obyek
           dibandingkan  dengan  ukuran  pada  thermometer.  Artinya,
           ukuran yang kita peroleh dari hasil pengukuran, benar-benar
           menggambarkan  keadaan  ukuran  sebenarnya  dari  obyek,
           bukan ukuran dari gejala yang ditimbulkannya.
             Hal  berbeda  akan  kita  temukan  pada  pengukuran  tidak
           langsung.  Suatu  pengukuran  disebut  pengukuran  tidak
           langsung,  jika  kita  tidak  dapat  secara  langsung  mengukur
           ukuran dari obyek yang kita ukur. Umumnya yang dapat kita
           ukur  hanya  gejala  dari  ukuran  tersebut,  setelah  obyek
           diberikan  respon  tertentu.  Sebagai  ilustrasi,  ketika  seorang
           dokter  mendiagnosa  penyakit  yang  diderita  seseorang
           berdasarkan  gejala  yang  timbul.  Seseorang  yang  suhu
           tubuhnya  di  atas  normal,  kehilangan  indera  penciuman  dan
           perasa,  maka  orang  tersebut  bisa  diduga  atau  didiagnosa
           terkena penyakit Covid-19. Dalam hal ini, penyakit Covid-19
           menyerang  paru-paru,  tetapi  untuk  menentukan  jenis
           penyakit tersebut dokter cukup mendiagnosa gejala-gejalanya
           saja,  tanpa  harus  melakukan  pembedahan  pada  paru-paru
           pasien.  Contoh  lain  adalah  seseorang  yang  didiagnosa
           menderita  penyakit  tifus,  penyakit  infeksi  pada  usus  halus.
           Dalam  hal  ini  dokter  kadangkala  hanya  mendignosa
           berdasarkan  gejala-gejalanya  saja  seperti  suhu  tubuh  yang
           turun  naik  pada  masa  tertentu,  tidak  secara  langsung
           melakukan  pengamatan  terhadap  usus  halus  pasien.  Dalam
           dua  contoh  tersebut,  hasil  pengukuran  didasarkan  pada
           pengamatan  terhadap  gejala  yang  timbul,  tanpa  harus
           melakukan  pengukuran  terhadap  obyek  pengukuran.
           Pengukuran semacam ini disebut pengukuran tidak langsung.

             Pengukuran  aspek-aspek  psikologis  umumnya  termasuk
           ke  dalam  pengukuran  tidak  langsung,  diantaranya  adalah
           pengukuran  hasil  belajar  dalam  dunia  pendidikan.    Artinya,
           kita sebagai pengukur atau evaluator tidak dapat mengukur
           ukuran  hasil  belajar  peserta  didik  secara  langsung,  karena
           yang  dapat  kita  ukur  hanya  gejala-gejalanya  saja.  Pada

           22
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38