Page 32 - Evaluasi Pembelajaran
P. 32
Dalam pengukuran obyek berupa benda fisik, umumnya
kita memiliki ukuran dan alat ukur standar yang dijadikan
sebagai patokan yang telah disepakati secara umum. Misalkan
meteran merupakan alat ukur standar yang dijadikan patokan
untuk mengukur panjang, thermometer merupakan alat ukur
standar untuk mengukur suhu, timbangan merupakan alat
ukur standar untuk mengukur berat, althometer merupakan
alat ukur standar yang digunakan untuk mengukur
ketinggian, dan sebagainya.
Hal berbeda akan kita temukan pada pengukuran aspek-
aspek psikologis, seperti pengukuran hasil belajar peserta
didik. Hasil belajar merupakan aspek psikologis yang tidak
tampak secara fisik. Dalam konteks ini, obyek ukurnya bisa
tampak secara fisik, yakni peserta didik, ukuran obyek yang
ingin diketahui adalah hasil belajar, tetapi kita tidak memiliki
alat ukur standar berupa alat ukur fisik (seperti meteran)
yang bisa dijadikan patokan. Hal ini terjadi karena aspek-
aspek psikologis lebih banyak bersifat laten atau tersembunyi,
sehingga kita tidak dapat mengukur secara langsung obyek
ukurnya. Kita hanya dapat melakukan pengukuran terhadap
gejalanya saja. Jika kita mengukur panjang meja, maka ukuran
panjang meja tersebut secara langsung dapat kita lihat dari
penggunaan meteran. Tetapi hal yang sama tidak dapat kita
lakukan ketika kita mengukur hasil belajar peserta didik,
karena hasil belajar tersebut tidak tampak secara fisik dan
secara langsung tidak teramati. Yang bisa kita lakukan adalah
melakukan pengamatan terhadap gejalanya saja, dengan
indikator-indikator tertentu. Dengan demikian, pengukuran
aspek-aspek psikologis lebih bersifat diagnostik.
Pengukuran dapat dibedakan menjadi pengukuran
langsung, dan pengukuran tidak langsung. Suatu pengukuran
disebut pengukuran langsung jika ukuran pada obyek
pengukurannya dapat dibandingkan secara langsung dengan
alat ukurnya. Misalnya ketika kita mengukur panjang meja,
maka kita dapat secara langsung membandingkan ukuran
meja tersebut dengan alat ukur berupa meteran. Demikian
21