Page 27 - Evaluasi Pembelajaran
P. 27

3.  Pengolahan data
                  Setelah data hasil evaluasi terkumpul, maka evaluator
               harus  melakukan  analisis  terhadap  data  tersebut.  Jenis
               analisis tersebut harus direncanakan dari awal. Analisis
               hasil  evaluasi  umumnya  dapat  dibedkan  berdasarkan
               pendekatan  yang  digunakan,  yakni  analisis  data
               kuantitatif  dan  analisis  kualitatif.  Evaluasi  yang
               menghasilkan  data  berupa  angka-angka  atau  skor,
               umumnya  membutuhkan  analisis  kuantitatif  berupa
               analisis   statistika.   Sedangkan    evaluasi    yang
               menghasilkan data kualitatif, juga membutuhkan analisis
               kualitatif.  Pada  kenyataannya  di  lapangan,  evaluator
               sering  menggunakan  kedua  pendekatan  tersebut,
               sehingga hasil evaluasi lebih bermakna.
                  Untuk  evaluasi  pembelajaran,  pengolahan  data  juga
               tergantung  dari  tujuan  dan  pendekatan  penilaian  yang
               digunakan. Dalam hal ini, evaluator dapat menggunakan
               pendekatan PAN (Penilaian Acuan Normatif), dan dapat
               juga  menggunakan  pendekatan  PAP  (Penilaian  Acuan
               Patokan).  Pendekatan  PAN  digunakan  jika  evaluator
               bermaksud  membandingkan  dan  menentukan  posisi
               seorang  peserta  didik  terhadap  posisi  peserta  didik
               dalam  kelas  atau  kelompoknya.  Sedangkan  pendekatan
               PAP  digunakan  jika  evaluator  bermaksud  menentukan
               posisi  seorang  peserta  didik  terhadap  batasan  atau
               standar   tertentu,   misalnya    dalam    pengukuran
               kompetensi.
            4.  Pemanfaatan sesuai fungsi dan manfaat.
                  Evaluator  harus  merencanakan  pemanfaatan  hasil
               evaluasi.  Pada  saat  merencanakan  evaluasi,  evaluator
               harus  menetapkan  untuk  apa  hasil  evaluasi  ini  akan
               dimanfaatkan. Hasil evaluasi dapat dimanfaatkan sesuai
               dengan  fungsi  evaluasi,  yakni  fungsi  penilaian,  fungsi
           16
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32