Page 23 - Evaluasi Pembelajaran
P. 23

keseluruhan materi pelajaran yang telah diajarkan. Butir-
               butir  tes  tersebut  juga  harus  mampu  mengukur
               keseluruhan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
            2.  Kontinyu

                  Evaluasi  pembelajaran,  harus  memenuhi  azas
               kesinambungan  atau  kontinyuitas.  Hasil  pembelajaran
               umumnya  berbentuk  aspek-aspek  psikologis  yang
               bersifat  laten,  sehingga  perkembangannya  sangat
               dinamis.  Evaluasi  yang  kontinyu  akan  memberikan
               gambaran lebih akurat tentang perubahan perilaku yang
               telah dicapai peserta didik dalam pembelajaran.

            3.  Obyektif
                  Evaluasi  pembelajaran  haruslah  obyektif,  adil,  dan
               tidak pilih kasih. Evaluator harus memberikan penilaian
               apa  adanya  terhadap  perilaku  hasil  belajar  yang
               diperoleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran.
               Obyektivitas   evaluator   akan    sangat   membantu
               memberikan  gambaran  yang  lebih  nyata  tentang  hasil
               belajar,  termasuk  kemungkinan  adanya  hambatan-
               hambatan  belajar,  sehingga  dapat  ditentukan  tindak
               lanjut dan perbaikan sistem pembelajaran.
            4.  Akomodatif
                  Evaluasi  pembelajaran  juga  harus  memenuhi  prinsip
               akomodatif.  Artinya,  evaluasi  tersebut  harus  dirancang
               untuk dapat mengakomodir pengukuran terhadap semua
               karakteristik  peserta  didik  yang  bervariasi.  Adanya
               perbedaan    variasi   karakteristik   peserta   didik,
               menyebabkan  perbedaan  pula  pada  model  dan
               pendekatan evaluasi pembelajaran yang akan digunakan.

           F.  Tahapan Evaluasi Pembelajaran
             Berdasarkan pendekatan sistem, dan mengacu pada sistem
           manajemen,  maka  sistem  evaluasi  dapat  dibagi  3  tahapan,
           yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (implementation),


           12
   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28