Page 22 - Evaluasi Pembelajaran
P. 22
2. Sumatif
Evaluasi sumatif adalah evaluasi pembelajaran yang
dilaksanakan setelah satu paket pembelajaran telah
diberikan. Evaluasi sumatif akan memberikan data
tentang penguasaan peserta didik pada suatu materi
pelajaran, menentukan posisi mereka terhadap peserta
didik lain atau terhadap criteria tertentu (Cyrs, 2010).
Evaluasi ini biasanya dilaksanakan di akhir program
pembelajaran, misalnya pada akhir semester, saat
kenaikan kelas, atau saat kelulusan. Ujian akhir semester
dan ujian kelulusan, dapat digolongkan ke dalam jenis
evaluasi sumatif. Dengan demikian evaluasi sumatif
dihubungkan dengan penyimpulan mengenai perbaikan
dari sistem kurikulum secara keseluruhan (Arifin, 2012).
Ditinjau dari substansi materinya, evaluasi sumatif
mencakup materi pembelajaran yang lebih luas dan
komprehensif dibandingkan evaluasi formatif. Evaluasi
sumatif tidak hanya semata-mata mengumpulkan data
dari pelaksanaan tes saat ujian semester semata-mata,
tetapi juga mencakup pengumpulan data kemajuan
belajar peserta didik dari hasil evaluasi formatif. Hasil
evaluasi formatif biasanya juga digunakan sebagai
komponen yang diperhitungan dalam evaluasi sumatif.
E. Prinsip-prinsip Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran yang baik, dilaksanakan dengan
prinsip-prinsip tertentu, yakni
1. Komprehensif
Evaluasi pembelajaran yang baik, haruslah merupakan
evauluasi yang menyeluruh atau komprehensif, baik dari
sisi aspek perilaku yang diukur, keterwakilan
karakteristik obyek yang diukur, maupun substansi
materi yang dievaluasi. Misalkan untuk mengevaluasi
hasil belajar kita menggunakan seperangkat tes, maka
butir-butir tes tersebut harus mampu mengukur
11