Page 18 - Evaluasi Pembelajaran
P. 18

C.  Manfaat Evaluasi Pembelajaran
              1.  Bagi peserta didik
                   Tujuan  pembelajaran  bagi  peserta  didik  adalah
                 tercapainya  perubahan  tingkah  laku  kognitif,  afektif,
                 maupun  psikomotorik.  Untuk  mengetahui  tercapai
                 tidaknya  perubahan  perilaku  tersebut,  maka  dilakukan
                 evaluasi  pembelajaran,  baik  terhadap  proses,  hasil,
                 maupun  dampak  pembelajaran.  dengan  demikian,
                 manfaat utama evaluasi pembelajaran bagi peserta didik
                 adalah untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajarnya,
                 yakni sampai di mana tujuan-tujuan belajar peserta didik
                 telah tercapai. Widoyoko (2011; 36) menyatakan bahwa
                 evaluasi  hasil  belajar  akan  membantu  peserta  didik
                 mengetahui  sejauhmana  mereka  berhasil  mengikuti
                 pelajaran  yang  diberikan  guru.  Evaluasi  pembelajaran
                 juga  sering  digunakan  untuk  mendiagnosa  kesulitan-
                 kesulitan  belajar  yang  dialami  peserta  didik.  Sementara
                 Pauji  dkk  (2016),  membuktikan  dalam  penelitiannya
                 bahwa evaluasi pembelajaran bermanfaat untuk promosi,
                 diagnosa kesulitan belajar, dan pengelompokkan peserta
                 didik.
                   Dari hasil evaluasi pembelajaran, peserta didik dapat
                 mengetahui  perubahan  perilaku  seperti  apa  yang  telah
                 dicapainya,  dan  seperti  apa  seharusnya  kemajuan  dan
                 hasil  belajar  tersebut  dicapai.  Evaluasi  pembelajaran
                 memberi manfaat bagi peserta didik sebagai cara untuk
                 memetakan kemampuan mereka. Evaluasi pembelajaran
                 juga bermanfaat untuk memotivasi peserta didik. Adanya
                 keinginan  untuk  mencapai  tujuan,  posisi,  dan  peringkat
                 tertentu  dalam  belajar,  akan  mendorong  peserta  didik
                 untuk  mempersiapkan  diri  dengan  lebih  baik  saat
                 dievaluasi.  Leenknecht  dkk  (2020),  menemukan  bahwa
                 evaluasi  formatif  yang  diberikan  pada  peserta  akan
                 meningkatkan  pengharapan  mereka  tentang  pemuasan
                 kebutuhan  otonomi  dan  pencapaian  kompetensi  yang
                 akhirnya akan meningkatkan motivasi belajarnya. Selegi

                                                                      7
   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23