Page 18 - Evaluasi Pembelajaran
P. 18
C. Manfaat Evaluasi Pembelajaran
1. Bagi peserta didik
Tujuan pembelajaran bagi peserta didik adalah
tercapainya perubahan tingkah laku kognitif, afektif,
maupun psikomotorik. Untuk mengetahui tercapai
tidaknya perubahan perilaku tersebut, maka dilakukan
evaluasi pembelajaran, baik terhadap proses, hasil,
maupun dampak pembelajaran. dengan demikian,
manfaat utama evaluasi pembelajaran bagi peserta didik
adalah untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajarnya,
yakni sampai di mana tujuan-tujuan belajar peserta didik
telah tercapai. Widoyoko (2011; 36) menyatakan bahwa
evaluasi hasil belajar akan membantu peserta didik
mengetahui sejauhmana mereka berhasil mengikuti
pelajaran yang diberikan guru. Evaluasi pembelajaran
juga sering digunakan untuk mendiagnosa kesulitan-
kesulitan belajar yang dialami peserta didik. Sementara
Pauji dkk (2016), membuktikan dalam penelitiannya
bahwa evaluasi pembelajaran bermanfaat untuk promosi,
diagnosa kesulitan belajar, dan pengelompokkan peserta
didik.
Dari hasil evaluasi pembelajaran, peserta didik dapat
mengetahui perubahan perilaku seperti apa yang telah
dicapainya, dan seperti apa seharusnya kemajuan dan
hasil belajar tersebut dicapai. Evaluasi pembelajaran
memberi manfaat bagi peserta didik sebagai cara untuk
memetakan kemampuan mereka. Evaluasi pembelajaran
juga bermanfaat untuk memotivasi peserta didik. Adanya
keinginan untuk mencapai tujuan, posisi, dan peringkat
tertentu dalam belajar, akan mendorong peserta didik
untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik saat
dievaluasi. Leenknecht dkk (2020), menemukan bahwa
evaluasi formatif yang diberikan pada peserta akan
meningkatkan pengharapan mereka tentang pemuasan
kebutuhan otonomi dan pencapaian kompetensi yang
akhirnya akan meningkatkan motivasi belajarnya. Selegi
7