Page 20 - Evaluasi Pembelajaran
P. 20
institusional. Artinya, dengan mengetahui keberhasilan
pembelajaran dan capaian tujuan belajar, maka sekolah
juga mengetahui tercapai tidaknya tujuan
institusionalnya sebagai lembaga penyelenggara program
pendidikan. Hasil belajar peserta didik merupakan
cermin dari kualitas dan keberhasilan tujuan sekolah
(Widoyoko, 2011).
Dalam jangka panjang, kumpulan hasil evaluasi
pembelajaran bermanfaat bagi sekolah sebagai bahan
kebijakan dalam pengembangan dan orientasi jenis
pendidikan. Menurut Mardapi (2012; 14), evaluasi
pembelajaran idealnya mampu mendorong sekolah
untuk mencapai kinerja dan kualitas pendidikan yang
lebih baik. Asrul dkk (2015) berpendapat bahwa evaluasi
pembelajaran bermafaat bagi sekolah untuk
merencanakan program pendidikan dan menilai
ketepatan kurikulum yang digunakan. Selain itu,
kumpulan hasil evaluasi pembelajaran dalam jangka
waktu tertentu dapat digunakan sekolah sebagai sarana
promosi dan publikasi.
4. Bagi orangtua
Evaluasi pembelajaran sangat bermanfaat bagi
orangtua untuk melihat keberhasilan pendidikan anak-
anaknya. Salah satu manfaat evaluasi pembelajaran
adalah tersusunnya laporan kemajuan belajar untuk
orangtua peserta didik (Pauji dkk, 2016). Tujuan
orangtua mempercayakan atau menitipkan pendidikan
anak-anaknya kepada pihak sekolah adalah agar tercapai
perkembangan belajar. Berkembang tidaknya perilaku
belajar peserta didik diukur dari evaluasi pembelajaran.
Dari hasil evaluasi pembelajaran, orangtua mengetahui
apakah anak-anaknya telah memperoleh hasil belajar
yang diharapkan. Hasil evaluasi pembelajaran di sekolah
dapat digunakan oleh orangtua untuk membimbing
kegiatan belajar anaknya di rumah. Bahkan dari hasil
9