Page 16 - Evaluasi Pembelajaran
P. 16

Dengan  demikian,  evaluasi  pembelajaran  akan
                 berfungsi  optimal  jika  evaluasi  itu  mencakup  aspek-
                 aspek  psikologis  secara  komprehensif,  yang  dalam
                 taksonomi  Bloom  dinamakan  dengan  aspek  kognitif,
                 afektif, dan psikomotor.
              2.  Fungsi diagnostik
                   Evaluasi  pembelajaran  juga  berfungsi  sebagai  cara
                 atau   teknik   untuk   mendiagnosa    kesulitan   dan
                 perkembangan  belajar  peserta  didik.  Dari  sisi  kesulitan
                 belajar,  hasil  evaluasi  pembelajaran  dapat  digunakan
                 untuk  mengetahui  jenis  dan  peringkat  kesulitan  belajar
                 peserta  didik.  Tingkat  kesulitan  belajar  yang  dialami
                 peserta didik juga  menggambarkan  sejauhmana  peserta
                 didik  tersebut  telah  mengalami  perkembangan  belajar.
                 Widoyoko  (2011;  34)  menyatakan  bahwa  dari  evaluasi,
                 guru  akan  mengetahui  kelebihan  dan  kelemahan  serta
                 kesulitan yang dialami peserta didik. Jika seorang peserta
                 didik mengerjakan seperangkat soal evaluasi, maka pola
                 jawabannya dapat  menggambarkan  tingkat  pemahaman
                 sekaligus  tingkat  kesulitan  belajar  yang  dialaminya.
                 Misalkan  dalam  evaluasi  pembelajaran  mata  kuliah
                 Matematika,  seorang  mahasiswa  melakukan  kesalahan
                 dalam    perhitungan,   maka     kesalahan    tersebut
                 menggambarkan  kesulitan-kesulitan  belajar  mahasiswa
                 tersebut  dalam  operasi  hitung.  Contoh  lainnya  adalah,
                 kesalahan  peserta  didik  kelas  II  sekolah  dasar  dalam
                 memahami pertanyaan soal pada mata pelajaran Bahasa
                 Indonesia,  bisa  menggambarkan  adanya  kesulitan
                 peserta  didik  tersebut  dalam  mengenali  huruf  dan
                 membaca.
              3.  Fungsi penempatan

                   Evaluasi  pembelajaran  juga  dapat  berfungsi  untuk
                 menempatkan  peserta  didik  pada  posisi  tertentu,  baik
                 posisinya  jika  dibandingkan  dengan  peserta  didik  lain
                 maupun  terhadap  standar  tertentu.  Dari  hasil  evaluasi,


                                                                      5
   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21