Page 12 - Evaluasi Pembelajaran
P. 12

BAB I

                                    EVALUASI PEMBELAJARAN







            A. Makna  Evaluasi Pembelajaran
            E            sistematis  oleh  evaluator  untuk  melihat
                valuasi pada hakekatnya adalah aktivitas yang dilakukan
                secara
            keberhasilan  suatu  kegiatan,  yang  dilakukan  dengan  cara
            membandingkan  antara  tujuan  kegiatan  dengan  hasil  yang
            telah dicapai oleh obyek tertentu. Melalui evaluasi, kita dapat
            mengetahui  apakah  suatu  kegiatan  yang dilaksanakan,  telah
            atau  belum  mencapai  tujuan  yang  diharapkan.  Dengan  kata
            lain,  evaluasi  adalah  upaya  membandingkan  kesesuaian
            antara  hasil  yang  dicapai  dengan  tujuan  yang  diharapkan
            (Mardapi,    2012).   Stufflebeam   &   Sinkfield   (2007),
            mendefinisikan  evaluasi  sebagai  suatu  proses  menyediakan
            informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan
            tentang  ukuran-ukuran  dari  tujuan  yang  dicapai,  desain,
            implementasi,  dan  dampak  dari  suatu  kegiatan,  yang  dapat
            dijadikan  sebagai  bahan  pengambilan  keputusan  tentang
            kegiatan    tersebut.   Sedangkan     Widoyoko      (2011),
            menyimpulkan bahwa evaluasi merupakan proses sistematis
            dan  berkelanjutan  untuk  mengumpulkan,  mendeskripsikan,
            menginterpretasi,  dan  menyajikan  informasi  tentang  suatu
            program atau kegiatan.
               Berdasarkan  beberapa  definisi  di  atas,  maka  evaluasi
            paling tidak mengandung beberapa makna sebagai berikut:
              1.  Evaluasi  merupakan  suatu  proses  yang  sistematis  dan
                 berkelanjutan.  Dalam  konteks  ini,  evaluasi  haruslah

                                                                      1
   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17