Page 12 - Evaluasi Pembelajaran
P. 12
BAB I
EVALUASI PEMBELAJARAN
A. Makna Evaluasi Pembelajaran
E sistematis oleh evaluator untuk melihat
valuasi pada hakekatnya adalah aktivitas yang dilakukan
secara
keberhasilan suatu kegiatan, yang dilakukan dengan cara
membandingkan antara tujuan kegiatan dengan hasil yang
telah dicapai oleh obyek tertentu. Melalui evaluasi, kita dapat
mengetahui apakah suatu kegiatan yang dilaksanakan, telah
atau belum mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan kata
lain, evaluasi adalah upaya membandingkan kesesuaian
antara hasil yang dicapai dengan tujuan yang diharapkan
(Mardapi, 2012). Stufflebeam & Sinkfield (2007),
mendefinisikan evaluasi sebagai suatu proses menyediakan
informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan
tentang ukuran-ukuran dari tujuan yang dicapai, desain,
implementasi, dan dampak dari suatu kegiatan, yang dapat
dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan tentang
kegiatan tersebut. Sedangkan Widoyoko (2011),
menyimpulkan bahwa evaluasi merupakan proses sistematis
dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan,
menginterpretasi, dan menyajikan informasi tentang suatu
program atau kegiatan.
Berdasarkan beberapa definisi di atas, maka evaluasi
paling tidak mengandung beberapa makna sebagai berikut:
1. Evaluasi merupakan suatu proses yang sistematis dan
berkelanjutan. Dalam konteks ini, evaluasi haruslah
1