Page 14 - Evaluasi Pembelajaran
P. 14
kelompok. Sedangkan Widoyoko (2011:9) menyatakan bahwa
evaluasi pembelajaran pada dasarnya adalah kegiatan yang
dilakukan untuk melihat efektivitas program pembelajaran.
Sedangkan Arifin (2012), berpandangan bahwa evaluasi
pembelajaran merupakan kegiatan sangat penting dalam
proses pembelajaran karena dapat memberikan informasi
tentang kemajuan dan hambatan yang dialami peserta didik
dalam belajar.
Dari beberapa uraian di atas, maka evaluasi pembelajaran
mengandung makna sebagai berikut:
1. Evaluasi pembelajaran harus dilaksanakan secara
sistematis, terencana, dan berkelanjutan.
2. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk melihat
keberhasilan proses pembelajaran, yang dilakukan
dengan cara membandingkan antara hasil pembelajaran
dengan tujuan pembelajaran.
3. Adanya kriteria tertentu yang dijadikan dasar maupun
patokan untuk menentukan keberhasilan obyek yang
dievaluasi. Kriteria tersebut dapat bersifat kuantitatif
maupun kualitatif.
4. Obyek evaluasi pembelajaran adalah peserta didik.
5. Evaluator dalam evaluasi pembelajaran adalah guru atau
tenaga kependidikan lain yang ditunjuk.
6. Evaluasi pembelajaran menyediakan informasi tentang
keberhasilan belajar peserta didik pada ranah kognitif,
afektif, dan psikomotor. Informasi tersebut juga dapat
digunakan untuk mendiagnosa kesulitan belajar yang
dihadapi, menempatkan peserta didik pada posisi
tertentu, dan melihat serta mendorong kemajuan belajar
peserta didik.
3