Page 13 - Evaluasi Pembelajaran
P. 13

merupakan proses yang terencana dan terukur langkah-
               langkahnya,  sehingga  langkah  dan  prosedurnya  dapat
               ditelaah dan direplikasi oleh orang lain.
            2.  Evaluasi  merupakan  upaya  membandingkan  antara
               tujuan kegiatan dengan hasil yang dicapai.
            3.  Evaluasi  memiliki  obyek  tertentu.  Obyek  evaluasi  bisa
               berupa orang (misalkan peserta didik atau mahasiswa),
               program, atau benda.
            4.  Evaluasi  membutuhkan  evaluator.  Evaluator  adalah
               orang  atau  sekelompok  orang  yang  memiliki  keahlian
               khusus  untuk  melaksanakan  evaluasi.  Evaluator  bisa
               berasal dari dalam (evaluator internal), maupun dari luar
               (evaluator eksternal).
            5.  Evaluasi  menyediakan  berbagai  informasi  tentang
               keberhasilan kegiatan, sehingga dapat dijadikan sebagai
               dasar kebijakan bagi keberlanjutan kegiatan tersebut.
             Jika  dikaitkan  dengan  definisi  evaluasi  di  atas,  maka
           evaluasi pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan
           secara  sistematis  dan  berlanjut  untuk  melihat  hasil
           pembelajaran.  Hasil  pembelajaran  dapat  diartikan  sebagai
           perubahan  perilaku  yang  diharapkan  akan  terjadi  pada
           peserta  didik.  Hasil  belajar  bukanlah  tentang  apa  yang
           dilakukan  guru,  tetapi  tentang  apa  yang  diperoleh  peserta
           didik  diakhir  program  pembelajaran  (Lestari  &  Setiawan,
           2017).

             Keberhasilan  proses  dan  hasil  pembelajaran  tersebut
           dilihat  dari  perkembangan  aspek-aspek  hasil  belajar,  yang
           mencakup  aspek  kognitif,  afektif,  dan  psikomotor.  Evaluasi
           pembelajaran  juga  merupakan  upaya  untuk  melihat  tingkat
           pencapaian  tujuan  pembelajaran,  sehingga  dapat  ditentukan
           beberapa  alternatif  tindak  lanjut  yang  harus  dilakukan
           terhadap  peserta  didik  maupun  sistem  pembelajaran
           tersebut.  Mansyur  dkk  (2009:8),  mendefinisikan  evaluasi
           pembelajaran  sebagai  proses  pengumpulan  informasi  untuk
           mengetahui  pencapaian  belajar  individu,  kelas  atau
           2
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18