Page 19 - Evaluasi Pembelajaran
P. 19
(2017) menemukan bahwa pelaksanaan evaluasi
pembelajaran berpengaruh signifikans terhadap motivasi
belajar mahasiswa. Penelitian Asdam (2007)
menyimpulkan bahwa pemberian ulangan harian dalam
frekuensi tertentu mampu secara signifikans
meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
2. Bagi guru
Sebagai pendidik yang merencanakan dan
melaksanakan pembelajaran, maka guru memiliki
kepentingan sangat besar terhadap pelaksanaan evaluasi
pembelajaran, karena evaluasi pembelajaran dapat
memberikan gambaran tentang efektivitas proses
pembelajaran yang diberikan guru. Sebagai pelaksana
atau manajer pembelajaran, guru perlu mengetahui
apakah pembelajaran yang dilaksanakannya telah
merubah perilaku peserta didik sebagaimana
diharapkan. Hal itu dapat diketahui dari hasil evaluasi
pembelajaran. Hasil evaluasi pembelajaran dapat
digunakan guru sebagai umpan balik untuk perbaikan
pembelajaran (Pauji dkk, 2016). Widoyoko (2011; 38)
menyatakan bahwa terdapat 3 manfaat evaluasi
pembelajaran bagi guru, yakni (1). Mengetahui peserta
didik yang mencapai kompetensi atau KKM yang
diharapkan, (2). Mengetahui tingkat ketepatan
pengalaman belajar atau materi pelajaram yang
diberikan, (3). Mengetahui efektivitas strategi, media, dan
teknik pembelajaran yang digunakan. Mardapi (2012, 14)
menyatakan bahwa seharusnya evaluasi pembelajaran
mampu memotivasi guru untuk melaksanakan
pembelajaran dengan lebih baik.
3. Bagi sekolah
Evaluasi pembelajaran juga memberi manfaat bagi
sekolah. Pada hakekatnya, tercapainya tujuan
pembelajaran oleh peserta didik, juga merupakan tujuan
pendidikan bagi sekolah, yang disebut sebagai tujuan
8