Page 19 - Evaluasi Pembelajaran
P. 19

(2017)  menemukan  bahwa  pelaksanaan  evaluasi
               pembelajaran berpengaruh signifikans terhadap motivasi
               belajar   mahasiswa.     Penelitian   Asdam     (2007)
               menyimpulkan bahwa pemberian ulangan harian dalam
               frekuensi   tertentu    mampu     secara    signifikans
               meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
            2.  Bagi guru

                  Sebagai   pendidik    yang    merencanakan     dan
               melaksanakan  pembelajaran,  maka  guru  memiliki
               kepentingan sangat besar terhadap pelaksanaan evaluasi
               pembelajaran,  karena  evaluasi  pembelajaran  dapat
               memberikan  gambaran  tentang  efektivitas  proses
               pembelajaran  yang  diberikan  guru.  Sebagai  pelaksana
               atau  manajer  pembelajaran,  guru  perlu  mengetahui
               apakah  pembelajaran  yang  dilaksanakannya  telah
               merubah     perilaku   peserta    didik   sebagaimana
               diharapkan.  Hal  itu  dapat  diketahui  dari  hasil  evaluasi
               pembelajaran.  Hasil  evaluasi  pembelajaran  dapat
               digunakan  guru  sebagai  umpan  balik  untuk  perbaikan
               pembelajaran  (Pauji  dkk,  2016).  Widoyoko  (2011;  38)
               menyatakan  bahwa  terdapat  3  manfaat  evaluasi
               pembelajaran  bagi  guru,  yakni  (1).  Mengetahui  peserta
               didik  yang  mencapai  kompetensi  atau  KKM  yang
               diharapkan,   (2).   Mengetahui    tingkat   ketepatan
               pengalaman  belajar  atau  materi  pelajaram  yang
               diberikan, (3). Mengetahui efektivitas strategi, media, dan
               teknik pembelajaran yang digunakan. Mardapi (2012, 14)
               menyatakan  bahwa  seharusnya  evaluasi  pembelajaran
               mampu     memotivasi    guru    untuk    melaksanakan
               pembelajaran dengan lebih baik.
            3.  Bagi sekolah

                  Evaluasi  pembelajaran  juga  memberi  manfaat  bagi
               sekolah.   Pada    hakekatnya,    tercapainya   tujuan
               pembelajaran oleh peserta didik, juga merupakan tujuan
               pendidikan  bagi  sekolah,  yang  disebut  sebagai  tujuan


           8
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24