Page 21 - Evaluasi Pembelajaran
P. 21

evaluasi  pembelajaran,  orangtua  dapat  merencanakan
               arah pendidikan dan karir anak-anaknya di masa depan.

           D. Jenis Evaluasi Pembelajaran
             Secara  umum,  evaluasi  pembelajaran  dapat  dibedakan
           menjadi evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Pembagian ini
           didasarkan pada waktu pelaksanaan, kebutuhan, dan cakupan
           materi evaluasi yang dilaksanakan.
            1.  Formatif

                  Evaluasi  formatif  adalah  evaluasi  pembelajaran  yang
               dilakukan  untuk  mengukur  capaian  sebagian  materi
               pembelajaran yang telah diajarkan, baik untuk satu kali
               pertemuan,  satu  pokok  bahasan,  atau  beberapa  pokok
               bahasan.
                  Termasuk jenis evaluasi formatif antara lain, evaluasi
               yang  diberikan  pada  akhir  pembelajaran  atau  ulangan
               harian. Demikian pula evaluasi yang dilakukan pada saat
               proses  pembelajaran  berlangsung.  Evaluasi  formatif
               diarahkan  untuk  memperbaiki  bagian  tertentu  atau
               sebagian  besar  pembelajaran  (Arifin,  2012).  Evaluasi
               formatif  juga  dapat  berfungsi  sebagai  penyedia  data
               tentang kemajuan belajar dan hambatan belajar peserta
               didik, sehingga dapat dijadikan sebagai umpan balik oleh
               guru (Cyrs, 2010).
                  Jika  dikaitkan  dengan  aspek-aspek  perilaku  hasil
               belajar,  maka  evaluasi  formatif  juga  dapat  mencakup
               evaluasi   terhadap   aspek   kognitif,   afektif,   dan
               psikomotorik.  Kadangkala  pengajar  perlu  melakukan
               pengamatan terhadap perubahan perilaku peserta didik,
               misalnya  tentang  bagaimana  aktivitas,  motivasi,  minat
               dan  sikap  peserta  didik  saat  pembelajaran.  Evaluasi
               semacam  ini  merupakan  bagian  dari  evaluasi  formatif.
               Hasil  evaluasi  formatif  kemudian  dijadikan  salah  satu
               dasar  pertimbangan  dalam  penentuan  hasil  evaluasi
               akhir.


           10
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26