Page 21 - Evaluasi Pembelajaran
P. 21
evaluasi pembelajaran, orangtua dapat merencanakan
arah pendidikan dan karir anak-anaknya di masa depan.
D. Jenis Evaluasi Pembelajaran
Secara umum, evaluasi pembelajaran dapat dibedakan
menjadi evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Pembagian ini
didasarkan pada waktu pelaksanaan, kebutuhan, dan cakupan
materi evaluasi yang dilaksanakan.
1. Formatif
Evaluasi formatif adalah evaluasi pembelajaran yang
dilakukan untuk mengukur capaian sebagian materi
pembelajaran yang telah diajarkan, baik untuk satu kali
pertemuan, satu pokok bahasan, atau beberapa pokok
bahasan.
Termasuk jenis evaluasi formatif antara lain, evaluasi
yang diberikan pada akhir pembelajaran atau ulangan
harian. Demikian pula evaluasi yang dilakukan pada saat
proses pembelajaran berlangsung. Evaluasi formatif
diarahkan untuk memperbaiki bagian tertentu atau
sebagian besar pembelajaran (Arifin, 2012). Evaluasi
formatif juga dapat berfungsi sebagai penyedia data
tentang kemajuan belajar dan hambatan belajar peserta
didik, sehingga dapat dijadikan sebagai umpan balik oleh
guru (Cyrs, 2010).
Jika dikaitkan dengan aspek-aspek perilaku hasil
belajar, maka evaluasi formatif juga dapat mencakup
evaluasi terhadap aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik. Kadangkala pengajar perlu melakukan
pengamatan terhadap perubahan perilaku peserta didik,
misalnya tentang bagaimana aktivitas, motivasi, minat
dan sikap peserta didik saat pembelajaran. Evaluasi
semacam ini merupakan bagian dari evaluasi formatif.
Hasil evaluasi formatif kemudian dijadikan salah satu
dasar pertimbangan dalam penentuan hasil evaluasi
akhir.
10