Page 25 - Evaluasi Pembelajaran
P. 25

perencanaan yang baik, kegiatan evaluasi tersebut dapat
               dievaluasi  sehingga  ditemukan  pada  titik  mana
               kelemahan  dan  kekurangan  terjadi,  yang  sangat
               bergunan  untuk  penyempurnaan  sistem  evaluasi  secara
               keseluruhan.
                  Beberapa hal pokok yang harus direncanakan dengan
               baik adalah:

                a.  Menentukan  tujuan  evaluasi.  Evaluator  harus
                   menetapkan untuk apa evaluasi tersebut dilakukan.
                   Langkah ini merupakan tahapan yang paling penting.
                   Dalam  tahapan  ini,  evaluator  harus  meninjau
                   kembali keseluruhan tujuan kegiatan, sehingga dapat
                   ditentukan  tujuan  mana  yang  akan  dievaluasi.
                   (Callahan & Logan, 2021).

                b.  Obyek  yang  akan  dievaluasi.  Obyek  evaluasi  dapat
                   berupa  program,  kegiatan,  peserta  didik,  peserta
                   kegiatan, dan semacamnya.
                c.  Menentukan  model  evaluasi  yang  akan  digunakan
                   yang  tergantung  dari  tujuan  dan  obyek  yang
                   dievaluasi.  Jika  menggunakan  model  evaluasi
                   program,  maka  evaluator  dapat  memilih  salah  satu
                   model  evaluasi  program,  antara  lain  model  CIPP
                   (Contex-Input-Proocess-Product) dan CIPPO (Contex-
                   Input-Proocess-Product-Outcome).  Sedangkan  jika
                   evaluasi  yang  akan  dilakukan  adalah  evaluasi
                   pembelajaran  denga  obyek  peserta  didik,  maka
                   evaluator  harus  menentukan  apakah  evaluasi
                   tersebut merupakan evaluasi formatif, sumatif, atau
                   diagnostik.
                d.  Aspek-aspek  apa  yang  akan  diukur.  Dalam  konteks
                   evaluasi pembelajaran, evaluator harus menentukan
                   aspek dan sub aspek hasil belajar yang akan diukur.
                e.  Tingkat  kedalaman  dan  keluasan  aspek  yang  akan
                   diukur.  Untuk  evaluasi  dengan  aspek-aspek  hasil
                   belajar  yang  mendalam,  dibutuhkan  teknik  dan
           14
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30