Page 29 - Evaluasi Pembelajaran
P. 29

tercapai, maka guru selaku evaluator dapat menentukan
               titik  kelemahan  dari  program  pembelajaran  tersebut,
               antara  lain  dari  sisi  sistem  evaluasi  yang  digunakan,
               mungkin  model  evaluasi  yang  digunakan  sebagai
               pendekatan kurang cocok terhadap situasi pembelajaran
               tersebut, dan sebagainya. Evaluasi semacam  ini  penting
               untuk  perbaikan  program  pembelajaran  dan  sistem
               evaluasinya pada masa mendatang (Widoyoko, 2011).

                  Dari  hasil  evaluasi  terhadap  sistem  evaluasi  yang
               dilakukan evaluator, akan diperoleh 2 keputusan penting.
               Jika  evaluasi  tersebut  dianggap  telah  mencapai
               tujuannya, maka sistem evaluasi tersebut dapat disimpan
               dan dibakukan untuk digunakan pada waktu yang akan
               datang  pada  situasi  yang  relevan.  Jika  ternyata  evaluasi
               tersebut belum mencapai tujuan yang diharapkan, maka
               evaluator  akan  melakukan  telaah  terhadap  sistem  dan
               tahapan  yang  telah  dilakukan,  untuk  menemukan
               hambatan dan kelemahannya sehingga tidak terjadi lagi
               pada evaluasi berikutnya.


























           18
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34