Page 29 - Evaluasi Pembelajaran
P. 29
tercapai, maka guru selaku evaluator dapat menentukan
titik kelemahan dari program pembelajaran tersebut,
antara lain dari sisi sistem evaluasi yang digunakan,
mungkin model evaluasi yang digunakan sebagai
pendekatan kurang cocok terhadap situasi pembelajaran
tersebut, dan sebagainya. Evaluasi semacam ini penting
untuk perbaikan program pembelajaran dan sistem
evaluasinya pada masa mendatang (Widoyoko, 2011).
Dari hasil evaluasi terhadap sistem evaluasi yang
dilakukan evaluator, akan diperoleh 2 keputusan penting.
Jika evaluasi tersebut dianggap telah mencapai
tujuannya, maka sistem evaluasi tersebut dapat disimpan
dan dibakukan untuk digunakan pada waktu yang akan
datang pada situasi yang relevan. Jika ternyata evaluasi
tersebut belum mencapai tujuan yang diharapkan, maka
evaluator akan melakukan telaah terhadap sistem dan
tahapan yang telah dilakukan, untuk menemukan
hambatan dan kelemahannya sehingga tidak terjadi lagi
pada evaluasi berikutnya.
18