Page 26 - Evaluasi Pembelajaran
P. 26

instrumen yang berbeda dibandingkan dengan aspek
                     yang lebih dangkal.
                  f.  Jenis  instrumen  yang  akan  digunakan.  dalam
                     evaluasi, terdapat beberapa pilihan jenis dan bentuk
                     instrumen  yang  dapat  digunakan,  tergantung  pada
                     tujuan    evaluasi,   obyek    evaluasi    beserta
                     karakteristiknya,  aspek  yang  akan  diukur,  dan
                     beberapa faktor lainnya.
                  g.  Waktu  pelaksanaan  evaluasi.  Evaluator  harus
                     merencanakan      waktu    yang     tepat   untuk
                     melaksanakan  evaluasi  sesuai  dengan  kebutuhan
                     dan situasi yang dihadapi.
                  h.  Personal  yang  terlibat  dalam  evaluasi.  Kadangkala
                     dalam  pelaksanaan  evaluasi  yang  cukup  luas,
                     evaluator    perlu    membentuk      tim    untuk
                     merencanakan dan melaksanakan evaluasi tersebut.
                     Untuk  itu  evaluator  perlu  menetapkan  jumlah  dan
                     peran  masing-masing  anggota  tim,  sehingga  setiap
                     orang dapat berkontribusi dengan baik.
                  i.  Biaya  dan  sumber  biaya.  Dalam  konteks  evaluasi
                     yang  luas  dan  melibatkan  banyak  obyek  evaluasi
                     yang    banyak,   evaluator    kadangkala    perlu
                     merumuskan     biaya   yang   dibutuhkan    untuk
                     melaksanakan evaluasi tersebut.
              2.  Pelaksanaan
                   Kualitas  dan  akurasi  hasil  evaluasi  juga  dipengaruhi
                 oleh  kelancaran  pelaksnaan  evaluasi.  Itulah  sebabnya
                 evaluator   harus   merencanakan     dengan    matang
                 pelaksanaan evaluasi. Faktor-faktor seperti karakteristik
                 obyek  yang  akan  dievaluasi,  dan  ketersediaan  sarana
                 prasarana,    merupakan      faktor    yang     harus
                 dipertimbangkan.    Prediksi  terhadap  situasi  yang  akan
                 dihadapi   ketika    melaksanakan     evaluasi,   juga
                 menentukam kualitas dan akurasi hasil evaluasi.


                                                                     15
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31