Page 26 - Evaluasi Pembelajaran
P. 26
instrumen yang berbeda dibandingkan dengan aspek
yang lebih dangkal.
f. Jenis instrumen yang akan digunakan. dalam
evaluasi, terdapat beberapa pilihan jenis dan bentuk
instrumen yang dapat digunakan, tergantung pada
tujuan evaluasi, obyek evaluasi beserta
karakteristiknya, aspek yang akan diukur, dan
beberapa faktor lainnya.
g. Waktu pelaksanaan evaluasi. Evaluator harus
merencanakan waktu yang tepat untuk
melaksanakan evaluasi sesuai dengan kebutuhan
dan situasi yang dihadapi.
h. Personal yang terlibat dalam evaluasi. Kadangkala
dalam pelaksanaan evaluasi yang cukup luas,
evaluator perlu membentuk tim untuk
merencanakan dan melaksanakan evaluasi tersebut.
Untuk itu evaluator perlu menetapkan jumlah dan
peran masing-masing anggota tim, sehingga setiap
orang dapat berkontribusi dengan baik.
i. Biaya dan sumber biaya. Dalam konteks evaluasi
yang luas dan melibatkan banyak obyek evaluasi
yang banyak, evaluator kadangkala perlu
merumuskan biaya yang dibutuhkan untuk
melaksanakan evaluasi tersebut.
2. Pelaksanaan
Kualitas dan akurasi hasil evaluasi juga dipengaruhi
oleh kelancaran pelaksnaan evaluasi. Itulah sebabnya
evaluator harus merencanakan dengan matang
pelaksanaan evaluasi. Faktor-faktor seperti karakteristik
obyek yang akan dievaluasi, dan ketersediaan sarana
prasarana, merupakan faktor yang harus
dipertimbangkan. Prediksi terhadap situasi yang akan
dihadapi ketika melaksanakan evaluasi, juga
menentukam kualitas dan akurasi hasil evaluasi.
15