Page 43 - Evaluasi Pembelajaran
P. 43
spesifik aspek pengetahuan yang ingin diukur melalui
evaluasi pembelajaran. Dengan memetakan dimensi
pengetahuan kognitif, maka aspek hasil belajar kognitif dapat
dipetakan secara lebih rinci, dengan berpedoman pada
batasan berikut:
1. Dimensi pengetahuan faktual (factual knowledge
dimension)
a. Pengetahuan tentang terminologi, istilah.
b. Pengetahuan tentang detail dan unsur-unsur
kejadian, subyek, waktu, keadaan, dan semacamnya.
2. Dimensi pengetahuan konseptual (conceptual knowledge
dimension)
a. Pengetahuan tentang klasifikasi,
b. Pengetahuan tentang prinsip
c. Pengetahuan tentang generalisasi
d. Pengetahuan tentang model, struktur, dan teori.
3. Dimensi pengetahuan prosedural (procedural knowledge
dimension)
a. Pengetahuan tentang algoritma
b. Pengetahuan tentang teknik, metode, dan
keterampilan pada bidang tertentu
c. Pengetahuan tentang penggunaan suatu prosedur
secara tepat.
4. Dimensi pengetahuan metakognitif (meta-cognitive
knowledge dimension)
a. Pengetahuan tentang strategi
b. Pengetahuan tentang konteks dan kondisi
c. Pengetahuan tentang diri sendiri
Revisi dalam taksonomi Bloom juga membawa dampak
terhadap aspek aspek hasil belajar yang diukur. Misalnya
32