Page 43 - Evaluasi Pembelajaran
P. 43

spesifik  aspek  pengetahuan  yang  ingin  diukur  melalui
           evaluasi   pembelajaran.   Dengan    memetakan    dimensi
           pengetahuan kognitif, maka aspek hasil belajar kognitif dapat
           dipetakan  secara  lebih  rinci,  dengan  berpedoman  pada
           batasan berikut:
            1.  Dimensi  pengetahuan  faktual  (factual  knowledge
               dimension)

                a.  Pengetahuan tentang terminologi, istilah.
                b.  Pengetahuan  tentang  detail  dan  unsur-unsur
                   kejadian, subyek, waktu, keadaan, dan semacamnya.
            2.  Dimensi pengetahuan konseptual (conceptual knowledge
               dimension)

                a.  Pengetahuan tentang klasifikasi,
                b.  Pengetahuan tentang prinsip
                c.  Pengetahuan tentang generalisasi
                d.  Pengetahuan tentang model, struktur, dan teori.
            3.  Dimensi pengetahuan prosedural (procedural knowledge
               dimension)
                a.  Pengetahuan tentang algoritma

                b.  Pengetahuan    tentang   teknik,   metode,    dan
                   keterampilan pada bidang tertentu
                c.  Pengetahuan  tentang  penggunaan  suatu  prosedur
                   secara tepat.
            4.  Dimensi  pengetahuan  metakognitif  (meta-cognitive
               knowledge dimension)
                a.  Pengetahuan tentang strategi
                b.  Pengetahuan tentang konteks dan kondisi

                c.  Pengetahuan tentang diri sendiri
             Revisi  dalam  taksonomi  Bloom  juga  membawa  dampak
           terhadap  aspek  aspek  hasil  belajar  yang  diukur.    Misalnya


           32
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48