Page 40 - Evaluasi Pembelajaran
P. 40

ini  misalnya  tergambar  dalam  beberapa  pandangan  Bloom,
            Englehard, Furst, dan Krathwohl (Lestari & Setiawan, 2017).
            Pandangan  ini  akan  berpengaruh  terhadap  cara  kita
            mengukur ketiga aspek tersebut.

            A. Aspek Hasil Belajar
               Bloom  juga  merinci  aspek-aspek  hasil  belajar,  yakni
            pengetahuan,  sikap  dan  keterampilan  tersebut  menjadi
            aspek-aspek yang lebih operasional, yakni:
              1.  Aspek  pengetahuan  (cognitive),  dibagi  menjadi  6  sub
                 aspek atau tahapan kemampuan berfikir, yakni:
                  a.  Ingatan (C1)
                  b.  Pemahaman (C2)
                  c.  Aplikasi (C3)

                  d.  Analisis (C4)
                  e.  Sintesis (C5).
                  f.  Evaluasi (C6).
              2.  Aspek sikap (affective), dibagi menjadi 5 sub aspek atau
                 tahapan bersikap, yakni:
                  a.  Menerima (A1)

                  b.  Menanggapi (A2)
                  c.  Menghargai (A3)
                  d.  Mengorganisir (A4)
                  e.  Karakterisasi (A5)
              3.  Aspek keterampilan (psychomotor), dibagi menjadi 4 sub
                 aspek atau tahapan berperilaku berikut:
                  a.  Menirukan (P1)
                  b.  Memanipulasi (P2)

                  c.  Mengalamiahkan (P3)
                  d.  Mengartikulasikan (P4)

                                                                     29
   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45