Page 40 - Evaluasi Pembelajaran
P. 40
ini misalnya tergambar dalam beberapa pandangan Bloom,
Englehard, Furst, dan Krathwohl (Lestari & Setiawan, 2017).
Pandangan ini akan berpengaruh terhadap cara kita
mengukur ketiga aspek tersebut.
A. Aspek Hasil Belajar
Bloom juga merinci aspek-aspek hasil belajar, yakni
pengetahuan, sikap dan keterampilan tersebut menjadi
aspek-aspek yang lebih operasional, yakni:
1. Aspek pengetahuan (cognitive), dibagi menjadi 6 sub
aspek atau tahapan kemampuan berfikir, yakni:
a. Ingatan (C1)
b. Pemahaman (C2)
c. Aplikasi (C3)
d. Analisis (C4)
e. Sintesis (C5).
f. Evaluasi (C6).
2. Aspek sikap (affective), dibagi menjadi 5 sub aspek atau
tahapan bersikap, yakni:
a. Menerima (A1)
b. Menanggapi (A2)
c. Menghargai (A3)
d. Mengorganisir (A4)
e. Karakterisasi (A5)
3. Aspek keterampilan (psychomotor), dibagi menjadi 4 sub
aspek atau tahapan berperilaku berikut:
a. Menirukan (P1)
b. Memanipulasi (P2)
c. Mengalamiahkan (P3)
d. Mengartikulasikan (P4)
29