Page 69 - Evaluasi Pembelajaran
P. 69
lain seperti kerapian tulisan, kemampuan
responden menyusun kalimat, dan sebagainya.
- Dapat menyebabkan responden kesulitan
menjawab dan menyusun kalimat jawaban.
- Responden dapat bosan menjawab pertanyaan
dalam jumlah banyak, sehingga akan cenderung
sembarangan menjawab pertanyaan-pertanyaan
selanjutnya.
Beberapa kaidah yang harus diperhatikan dalam
menyusun angket terbuka antara lain:
- Susunlah butir angket sesuai dengan tujuan
evauluasi dan karakteristik responden.
- Berikan petunjuk pengisian secara jelas pada
bagian awal angket.
- Jumlah butir angket tidak terlalu banyak.
- Susunlah kalimat stem dalam bentuk
pertanyaan/pernyataan yang singkat, jelas, tegas
dan hanya mengandung satu pokok masalah,
sehingga tidak menimbulkan interpretasi ganda.
- Susunlah frame atau kerangka jawaban dari
pertanyaan angket sebagai patokan.
b. Wawancara dan Pedoman Wawancara
Wawancara merupakan teknik pengukuran, yang
dapat diartikan sebagai cara yang digunakan
evaluator untuk mengukur aspek-aspek psikologis,
terutama aspek afektif, menggunakan sejumlah
pertanyaan lisan yang dijawab juga secara lisan oleh
responden. Hasil wawancara tersebut dapat
dinyatakan dalam bentuk skor maupun secara
deskriptif. Sedangkan sebagai instrumen
wawancara, digunakan pedoman wawancara, yang
diartikan sebagai panduan tertulis yang berisi
sejumlah butir pertanyaan/pernyataan yang akan
58