Page 74 - Evaluasi Pembelajaran
P. 74
- Dapat menggambarkan karakteristik afeksi
responden secara lebih komprehensif.
Sedangkan beberapa kelemahannya antara lain:
- Sulit digunakan jika responden berjumlah
banyak.
- Relatif sulit menyusun pertanyaan/pernyataan,
khususnya pertanyaan lanjutan.
- Penilaian bersifat kualitatif sehingga evaluator
sulit menjaga obyektivitas. Masalah ini dapat
diatasi dengan melakukan cross-chek antar satu
jawaban dengan jawaban yang lain.
- Penilaian dapat dipengaruhi keterampilan
responden, antara lain keterampilan bahasa lisan
dan menyusun kalimat.
Beberapa kaidah yang harus diperhatikan dalam
penggunaan wawancara mendalam antara lain:
- Susunlah pedoman wawancara sebagai instrumen
pemandu.
- Susunlah butir-butir wawancara sesuai dengan
tujuan evaluasi dan karakteristik responden.
- Hindari menyusun pertanyaan lanjutan yang
terlalu banyak.
- Pertanyaan/pernyataan dalam panduan
wawancara harus sesuai dengan tujuan
pengukuran dan karakteristik responden.
- Berikan pengantar dan penjelasan secara jelas
pada bagian awal pedoman wawancara.
Sampaikan petunjuk tersebut kepada responden
sebelum pelaksanaan wawancara.
- Gunakan kata atau kalimat yang tegas, jelas,
ringkas dan mudah difahami responden.
63