Page 75 - Evaluasi Pembelajaran
P. 75

- Hindari  penggunaan  kata  atau  kalimat  yang
                      bersifat   sangat   pribadi   dan   memojokkan
                      responden.
                c.  Dokumentasi dan Pedoman Dokumentasi

                      Dokumentasi  dapat  dipandang  sebagai  teknik
                   evaluasi,  yakni  suatu  cara  pengumpulan  data  dari
                   catatan, buku, transkrip, foto, berkas, dan dokumen-
                   dokumen  lainnya.  Sedangkan  sebagai  panduan
                   dokumentasi,  maka  evaluator  terlebih  dahulu
                   menyusun pedoman dokumentasi. Dengan kata lain,
                   dokumentasi merupakan teknik evaluasi, sedangkan
                   sebagai     instrumennya      adalah     pedoman
                   dokumentasi.  Penggunaan  pedoman  dokumentasi
                   sebagai  instrumen  dimaksudkan  agar  evaluasi  atau
                   pengumpulan  data  lebih  terarah  sesuai  dengan
                   tujuan pengukuran.  Pada kenyataannya di lapangan,
                   dokumentasi  dapat  berkembang  sesuai  kebutuhan,
                   sehingga  pedoman  dokumentasi  lebih  bersifat
                   sebagai panduan awal. Prinsip-prinsip dokumentasi
                   untuk dapat memotret keadaan lebih lengkap, lebih
                   rinci,  dan  lebih  banyak,  menyebabkan  pedoman
                   dokumentasi dapat dikembangkan sesuai kebutuhan
                   keadaan saat evaluasi dilakukan.
                   Kelebihan  metode  dokumentasi  sebagai  teknik
                   evaluasi antara lain:
                     - Dapat digunakan untuk menggambarkan keadaan
                      responden    pada    masa    lampau    (bersifat
                      longitudinal),  sehingga  karakteristik  responden
                      dapat dipetakan secara lebih lengkap.
                     - Relatif  lebih  obyektif  menggambarkan  keadaan
                      masa lampau karena tidak berhubungan langsung
                      dengan  responden.  Pada  saat  dokumentasi,
                      responden  tidak  merasa  bahwa  dia  sedang
                      diamati atau diukur.



           64
   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80