Page 75 - Evaluasi Pembelajaran
P. 75
- Hindari penggunaan kata atau kalimat yang
bersifat sangat pribadi dan memojokkan
responden.
c. Dokumentasi dan Pedoman Dokumentasi
Dokumentasi dapat dipandang sebagai teknik
evaluasi, yakni suatu cara pengumpulan data dari
catatan, buku, transkrip, foto, berkas, dan dokumen-
dokumen lainnya. Sedangkan sebagai panduan
dokumentasi, maka evaluator terlebih dahulu
menyusun pedoman dokumentasi. Dengan kata lain,
dokumentasi merupakan teknik evaluasi, sedangkan
sebagai instrumennya adalah pedoman
dokumentasi. Penggunaan pedoman dokumentasi
sebagai instrumen dimaksudkan agar evaluasi atau
pengumpulan data lebih terarah sesuai dengan
tujuan pengukuran. Pada kenyataannya di lapangan,
dokumentasi dapat berkembang sesuai kebutuhan,
sehingga pedoman dokumentasi lebih bersifat
sebagai panduan awal. Prinsip-prinsip dokumentasi
untuk dapat memotret keadaan lebih lengkap, lebih
rinci, dan lebih banyak, menyebabkan pedoman
dokumentasi dapat dikembangkan sesuai kebutuhan
keadaan saat evaluasi dilakukan.
Kelebihan metode dokumentasi sebagai teknik
evaluasi antara lain:
- Dapat digunakan untuk menggambarkan keadaan
responden pada masa lampau (bersifat
longitudinal), sehingga karakteristik responden
dapat dipetakan secara lebih lengkap.
- Relatif lebih obyektif menggambarkan keadaan
masa lampau karena tidak berhubungan langsung
dengan responden. Pada saat dokumentasi,
responden tidak merasa bahwa dia sedang
diamati atau diukur.
64