Page 80 - Evaluasi Pembelajaran
P. 80

Langkah-langkah  penyusunan  instrumen  adalah
                     sebagai berikut:
              1.  Perencanaan
               a.  Menetapkan tujuan pengukuran
                     Tahap  penetapan  tujuan  pengukuran  merupakan
                  tahapan  yang  paling  penting  dalam  perencanaan
                  instrumen,  karena  akan  mengarahkan  kegiatan
                  pengukuran  atau  evaluasi  kepada  hal-hal  teknis    yang
                  harus  ditempuh.  Tujuan  pengukuran  menggambarkan
                  kondisi  hasil  pembelajaran  yang  diharapkan  dan  yang
                  akan  kita  ukur.  Dengan  demikian,  kata  kunci  tujuan
                  pengukuran  adalah  adanya  kesesuaiannya  dengan
                  tujuan instruksional dan kompetensi hasil belajar yang
                  diharapkan.  Artinya,  penyusunan  tujuan  pengukuran
                  harus  disesuaikan  dengan  tujuan  pembelajaran  dan
                  kompetensi    yang   ingin   dicapai   sebagai   hasil
                  pembelajaran.  Tujuan  pengukuran  umumnya  juga
                  merupakan  pernyataan  operasional  dari  tujuan
                  pembelajaran. Jika diperlukan, pada tujuan pengukuran
                  dapat  ditambahkan  deskripsi  indikator  yang  akan
                  diukur.
                  Contoh:
                     Tujuan pembelajaran      Tujuan pengukuran
                     Peserta didik mampu      Mengetahui kemampuan
                     menyebutkan nama         peserta didik untuk
                     ibukota provinsi Banten.  menyebutkan nama
                                              ibukota provinsi Banten.
                     Peserta didik mampu      Mengetahui kemampuan
                     menjumlahkan pecahan     peserta didik untuk
                     biasa berpenyebut sama   menjumlahkan pecahan
                                              biasa dan berpenyebut
                                              sama
                     Peserta didik memiliki   Mengetahui adanya sikap
                     sikap jujur              jujur peserta didik

                                                                     69
   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85