Page 85 - Evaluasi Pembelajaran
P. 85

uraian singkat
                C4 (menganalisis)                  Uraian, sebab akibat

                C5 (mengevaluasi)                  Uraian, sebab akibat
                C6 (mencipta)                      Uraian, sebab akibat

                  Tentu  saja  hubungan  di  atas  merupakan  sebuah
               panduan, tetapi bukan sebuah aturan. Artinya, faktor sub
               aspek yang akan diukur bukan satu-satunya faktor yang
               dipertimbangkan dalam penggunaan bentuk tes tertentu,
               sehingga  hubungan  di  atas  dapat  disesuaikan  dengan
               kebutuhan dan keadaan.
            3.  Menentukan Cakupan/Kedalaman Materi yang Akan
               Diukur
                  Dalam  merencanakan  dan  menyusun  instrumen
               pengukuran,  evaluator juga  harus  menentukan  cakupan
               luas  dan  kedalaman  materi  atau  substansi  yang  akan
               diukur.   Kadangkala,    dengan     adanya    berbagai
               keterbatasan  teknis,  misalnya  jumlah  waktu  yang
               tersedia,  maka  evaluator  tidak  dapat  menyusun
               instrumen yang dapat mencakup keseluruhan isi materi
               yang  hendak  diukur.  Dengan  demikian,  evaluator  harus
               memilih  sebagian  materi  yang  dianggap  penting  atau
               dapat mewakili keseluruhan materi ukur.
                  Pemilihan  cakupan  luas  dan  kedalaman  materi  yang
               akan diukur, berpengaruh pada jenis, bentuk, dan jumlah
               butir  instrumen  yang  akan  digunakan.  Misalkan  dalam
               pengukuran  hasil  belajar  aspek  kognitif,  kelebihan  dan
               kekurangan tes berbentuk pilihan ganda dan isian, dapat
               dibandingkan  dengan  kelebihan  dan  kekurangan  tes
               uraian dan sebab akibat:





           74
   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90