Page 85 - Evaluasi Pembelajaran
P. 85
uraian singkat
C4 (menganalisis) Uraian, sebab akibat
C5 (mengevaluasi) Uraian, sebab akibat
C6 (mencipta) Uraian, sebab akibat
Tentu saja hubungan di atas merupakan sebuah
panduan, tetapi bukan sebuah aturan. Artinya, faktor sub
aspek yang akan diukur bukan satu-satunya faktor yang
dipertimbangkan dalam penggunaan bentuk tes tertentu,
sehingga hubungan di atas dapat disesuaikan dengan
kebutuhan dan keadaan.
3. Menentukan Cakupan/Kedalaman Materi yang Akan
Diukur
Dalam merencanakan dan menyusun instrumen
pengukuran, evaluator juga harus menentukan cakupan
luas dan kedalaman materi atau substansi yang akan
diukur. Kadangkala, dengan adanya berbagai
keterbatasan teknis, misalnya jumlah waktu yang
tersedia, maka evaluator tidak dapat menyusun
instrumen yang dapat mencakup keseluruhan isi materi
yang hendak diukur. Dengan demikian, evaluator harus
memilih sebagian materi yang dianggap penting atau
dapat mewakili keseluruhan materi ukur.
Pemilihan cakupan luas dan kedalaman materi yang
akan diukur, berpengaruh pada jenis, bentuk, dan jumlah
butir instrumen yang akan digunakan. Misalkan dalam
pengukuran hasil belajar aspek kognitif, kelebihan dan
kekurangan tes berbentuk pilihan ganda dan isian, dapat
dibandingkan dengan kelebihan dan kekurangan tes
uraian dan sebab akibat:
74