Page 86 - Evaluasi Pembelajaran
P. 86
Cakupan materi Bentuk tes yang
ukur digunakan
Luas PG, isian singkat
Luas dan dangkal PG, isian singkat
Terbatas/sempit Uraian, sebab
akibat
Dalam Uraian, sebab
akibat
Dengan demikian, butir-butir soal PG dan isian
umumnya dapat digunakan untuk mengukur cakupan
materi evaluasi yang luas. Soal tes berbentuk PG dan
isian cenderung mudah dan cepat mengerjakannya,
sehingga evaluator dapat menyusun jumlah butir soal tes
yang lebih banyak. Butir soal tes yang lebih banyak
cenderung mampu mencakup materi ukur yang lebih
luas. Sedangkan untuk menjawab soal tes berbentuk
uraian, peserta tes membutuhkan waktu dan
keterampilan menulis yang memadai. Akibatnya butir
soal tes yang dapat disusun juga terbatas jumlahnya,
sehingga cakupan materi ukur tes tersbeut juga terbatas.
Tetapi, bentuk tes uraian dapat mengukur aspek-aspek
hasil belajar yang lebih mendalam dan kompleks.
4. Menetapkan Jenis dan Bentuk Instrumen
Pada tahapan ini, evaluator harus menentukan jenis
dan bentuk instrumen yang akan digunakan.
Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, jenis dan
bentuk instrumen pengukuran dipengaruhi oleh
beberapa faktor. Pemilihan jenis dan bentuk instrumen
tersebut harus mempertimbangkan faktor antara lain:
- Aspek hasil belajar yang akan diukur. Apakah aspek
yang diukur tersebut merupakan aspek kognitif,
afektif, atau psikomotor?. Pengukuran aspek kognitif
75