Page 86 - Evaluasi Pembelajaran
P. 86

Cakupan materi                      Bentuk tes yang
                  ukur                                digunakan
                  Luas                                PG, isian singkat
                  Luas dan dangkal                    PG, isian singkat

                  Terbatas/sempit                     Uraian, sebab
                                                      akibat

                  Dalam                               Uraian, sebab
                                                      akibat


                   Dengan  demikian,  butir-butir  soal  PG  dan  isian
                 umumnya  dapat  digunakan  untuk  mengukur  cakupan
                 materi  evaluasi  yang  luas.  Soal  tes  berbentuk  PG  dan
                 isian  cenderung  mudah  dan  cepat  mengerjakannya,
                 sehingga evaluator dapat menyusun jumlah butir soal tes
                 yang  lebih  banyak.  Butir  soal  tes  yang  lebih  banyak
                 cenderung  mampu  mencakup  materi  ukur  yang  lebih
                 luas.  Sedangkan  untuk  menjawab  soal  tes  berbentuk
                 uraian,   peserta   tes   membutuhkan    waktu    dan
                 keterampilan  menulis  yang  memadai.  Akibatnya  butir
                 soal  tes  yang  dapat  disusun  juga  terbatas  jumlahnya,
                 sehingga cakupan materi ukur tes tersbeut juga terbatas.
                 Tetapi,  bentuk  tes  uraian  dapat  mengukur  aspek-aspek
                 hasil belajar yang lebih mendalam dan kompleks.
              4.  Menetapkan Jenis dan Bentuk Instrumen
                   Pada  tahapan  ini,  evaluator  harus  menentukan  jenis
                 dan   bentuk    instrumen   yang    akan   digunakan.
                 Sebagaimana  telah  dijelaskan  sebelumnya,  jenis  dan
                 bentuk   instrumen   pengukuran  dipengaruhi      oleh
                 beberapa  faktor.  Pemilihan  jenis  dan  bentuk  instrumen
                 tersebut harus mempertimbangkan faktor antara lain:
                  - Aspek  hasil  belajar  yang  akan  diukur.  Apakah  aspek
                   yang  diukur  tersebut  merupakan  aspek  kognitif,
                   afektif,  atau  psikomotor?.  Pengukuran  aspek  kognitif


                                                                     75
   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91