Page 84 - Evaluasi Pembelajaran
P. 84

instrumen  jenis  tes  untuk  mengukur  aspek  kognitif,
                   sedangkan  sub  aspek  yang  akan  diukur  adalah  sub
                   aspek  C4  (analisis).  Sub  aspek  C4  sebaiknya  diukur
                   menggunakan  tes  berbentuk  uraian.  Tes  uraian
                   memiliki  kemampuan  untuk  mengukur  kemampuan
                   analitik.
                  - Jumlah  peserta  tes  atau  responden.  Berdasarkan
                   pertimbangan teknis, instrumen bentuk tertentu sulit
                   digunakan jika jumlah peserta tes atau respondennya
                   cukup  banyak.  Misalnya  tes  bentuk  uraian,  sulit
                   digunakan untuk peserta tes yang jumlahnya banyak,
                   karena kesulitan evaluator dalam pemberian skor dan
                   penilaian.  Kesulitan  semacam  ini  kadangkala  diatasi
                   dengan cara membagi peserta tes ke dalam kelompok-
                   kelompok  kecil,  sehingga  secara  teknis,  tes  tersebut
                   lebih  mudah  dilaksanakan dan  hasilnya  lebih  mudah
                   diberi  skor  atau  dinilai.  Dapat  pula  evaluator
                   menunjuk  beberapa  orang  rater  atau  pengkoreksi,
                   sehingga beban untuk  melakukan penilaian terhadap
                   jawaban peserta tes dapat dibagi dan terkurangi. Hal
                   yang  sama  juga  mungkin  terjadi  pada  saat  evaluator
                   akan menggunakan angket terbuka kepada responden
                   yang jumlahnya banyak.
                   Dalam  kaitannya  dengan  pengukuran  hasil  belajar
                 koginitif,  keterkaitan  antara  sub  aspek  pengukuran  dan
                 bentuk tes dapat digambarkan sebagai berikut:

                  Sub aspek yang                     Bentuk tes yang
                  diukur                             digunakan
                  C1 (mengingat)                     PG, isian,
                                                     menjodohkan
                  C2 (memahami)                      PG, isian,
                                                     menjodohkan
                  C3 (mengapilkasikan)               PG, isian,
                                                     menjodohkan,

                                                                     73
   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89