Page 84 - Evaluasi Pembelajaran
P. 84
instrumen jenis tes untuk mengukur aspek kognitif,
sedangkan sub aspek yang akan diukur adalah sub
aspek C4 (analisis). Sub aspek C4 sebaiknya diukur
menggunakan tes berbentuk uraian. Tes uraian
memiliki kemampuan untuk mengukur kemampuan
analitik.
- Jumlah peserta tes atau responden. Berdasarkan
pertimbangan teknis, instrumen bentuk tertentu sulit
digunakan jika jumlah peserta tes atau respondennya
cukup banyak. Misalnya tes bentuk uraian, sulit
digunakan untuk peserta tes yang jumlahnya banyak,
karena kesulitan evaluator dalam pemberian skor dan
penilaian. Kesulitan semacam ini kadangkala diatasi
dengan cara membagi peserta tes ke dalam kelompok-
kelompok kecil, sehingga secara teknis, tes tersebut
lebih mudah dilaksanakan dan hasilnya lebih mudah
diberi skor atau dinilai. Dapat pula evaluator
menunjuk beberapa orang rater atau pengkoreksi,
sehingga beban untuk melakukan penilaian terhadap
jawaban peserta tes dapat dibagi dan terkurangi. Hal
yang sama juga mungkin terjadi pada saat evaluator
akan menggunakan angket terbuka kepada responden
yang jumlahnya banyak.
Dalam kaitannya dengan pengukuran hasil belajar
koginitif, keterkaitan antara sub aspek pengukuran dan
bentuk tes dapat digambarkan sebagai berikut:
Sub aspek yang Bentuk tes yang
diukur digunakan
C1 (mengingat) PG, isian,
menjodohkan
C2 (memahami) PG, isian,
menjodohkan
C3 (mengapilkasikan) PG, isian,
menjodohkan,
73