Page 83 - Evaluasi Pembelajaran
P. 83
dengan tujuan instruksional atau standar kompetensi
yang telah ditetapkan sebagai tujuan pembelajaran.
Penentuan aspek dan tahapan hasil belajar yang akan
diukur, akan berpengaruh pada keputusan tentang hal-
hal tekni pengukuran. Misalkan untuk menentukan jenis
instrumen yang akan digunakan, maka evaluator harus
menyesuaikannya dengan aspek yang akan diukur. Hal
itu digambarkan sebagai berikut:
Aspek yang akan Jenis instrumen
diukur
Kognitif Tes
Afektif Non tes
Keterampilan Tes kinerja
Selanjutnya evaluator dituntut untuk menentukan
bentuk instrumen yang cocok untuk digunakan. Faktor
yang dipertimbangkan dalam menentukan bentuk
instrumen adalah:
- Karakteristik peserta tes atau responden. Misalnya,
bentuk tes uraian uraian tidak cocok digunakan pada
peserta tes kelas II SD, karena kemampuan membaca
dan menalar mereka relatif masih terbatas. Angket
terbuka yang membutuhkan jawaban deksriptif-
analitik, tentu juga tidak cocok digunakan pada
responden murid SD. Untuk mengukur sikap murid
SD, lebih cocok digunakan wawancara, terutama jika
respondennya tidak terlalu banyak.
- Tahapan hasil belajar yang akan diukur. Evaluator
perlu menentukan tahapan atau sub aspek hasil
belajar yang akan diukur, karena hal ini akan
menentukan bentuk instrumen yang cocok untuk
digunakan. Misalkan evaluator akan menggunakan
72