Page 78 - Evaluasi Pembelajaran
P. 78
Untuk melakukan observasi, dibutuhkan pedoman
observasi sebagai instrumen. pedoman observasi
memuat seperangkat pertanyaan atau pernyataan
perintah tentang apa yang harus diamati evaluator.
Dalam melaksanakan observasi terhadap benda
hidup, evaluator harus mengupayakan agar orang
yang diamati tidak merasa sedang diamati, sehingga
dapat dijamin keaslian dan kewajaran data yang
terkumpul. Untuk itu, kadangkala evaluator
membutuhkan alat bantu tertentu, seperti kamera
CCTV, untuk merekam keadaan yang asli.
Kelebihan observasi antara lain adalah:
- Dapat mengamati keadaan secara langsung
sehingga lebih obyektif, terutama jika responden
tidak mengetahui bahwa sedang diobservasi.
- Pencatatan hasil pengamatan dapat dilakukan
secara langsung sehingga mengurangi risiko
pembiasan.
- Dapat digunakan secara bebas tanpa mengganggu
waktu dan tenaga responden.
- Jika menggunakan peralatan seperti kamera,
video, atau alat perekam lainnya, maka
pengamatan dapat dilaksanakan secara serentak
di berbagai tempat.
Sedangkan kelemahan observasi antara lain adalah:
- Memungkinkan terjadinya fakabilitas, khususnya
jika responden mengetahui bahwa ia sedang
diobservasi.
- Hanya cocok untuk kejadian yang berjangka
waktu relatif pendek. Untuk kejadian yang
berlangsung lama, observasi kurang
memungkinak untuk merekam seluruh kejadian
secara lengkap. Untuk kejadian yang berjangka
67