Page 77 - Evaluasi Pembelajaran
P. 77

- Mengingat  banyaknya  dokumen  yang  tersedia,
                      maka  kumpulkan  hanya  dokumen  yang  benar-
                      benar relevan dengan tujuan evaluasi.
                d.  Observasi dan Pedoman Observasi

                      Observasi   adalah    suatu   teknik   evaluasi
                   berdasarkan pengamatan evaluator terhadap obyek
                   pengukuran dan lingkungan sekitarnya. Pengamatan
                   tersebut dapat berupa melihat, mencatat, merekam,
                   dan mengukur kejadian di lapangan. Observasi dapat
                   dilakukan terhadap orang, benda, dan keadaan.
                   Observasi  dapat  dibedakan  menjadi  observasi
                   partisipan dan observasi non partisipan.
                     - Observasi  partisipan  adalah  observasi  dimana
                      evaluator  atau  observer  menjadi  bagian  dari
                      keadaan atau kehidupan responden yang diteliti.
                      Hubungan  antara  pengamat  dengan  responden
                      adalah  saling  terkait,  karena  keduanya  berada
                      pada  keadaan  yang  sama.  Jenis  observasi  ini
                      umumnya  digunakan  dalam  penelitian  kualitatif
                      seperti  penelitian  etnografi.  Misalkan  penelitian
                      tentang  kearifan  lokal  pada  masyarakat  suku
                      Dayak di Kalimantan, maka dalam hal ini observer
                      harus  membaur  ke  dalam  kehidupan  responden
                      yang diteliti sehingga keaslian data akan muncul
                      dan didapatkan.
                     - Observasi  non  partisipan  adalah  observasi  yang
                      memisahkan antara observer dengan responden.
                      Artinya  dalam  hal  ini  posisi  observer  adalah
                      sebagai pengamat di luar kejadian yang diamati,
                      hubungan  antara  pengamat  dan  responden
                      adalah  saling  bebas.  Jenis  observasi  ini  bisa
                      digunakan  dalam  banyak  kajian  dan  evaluasi,
                      termasuk dalam evaluasi pembelajaran.  Misalkan
                      seorang  guru  mengamati  penerapan  perilaku
                      sopan santun pada peserta didiknya.

           66
   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82