Page 91 - Evaluasi Pembelajaran
P. 91

Tabel 4.1. Contoh kisi-kisi tes
                                                            Alternative
                    Tujuan     Sub    Bentuk
                  pengukuran   aspek   soal     Butir soal   dan kunci
                                                             jawaban
                Untuk mengukur   C2   Tes PG   1. Jumlah dari ¾ -   1*
                kemampuan                     ¼ adalah:     ½
                peeserta didik                              5/8
                dalam                                       4/8
                mengurangkan                                6/4
                bilangan pecahan
                berpenyebut     C3           2. Adi membeli   3/5
                sama                          kue, Kue      1/5
                                              tersebut dibagi   2/5*
                                              menjadi 5     4/5
                                              potong Setelah   5/5
                                              itu, 1 potong
                                              diberikan ke Ani
                                              dan 2 potong
                                              diberikan ke
                                              Badu. Berapa
                                              bagian kah sisa
                                              potongan kue
                                              yang ada dengan
                                              Adi ?
                Untuk mengukur   C1   Tes isian  1. Organisasi   KH. Ahmad
                kemampuan            singkat   Muhammadiyah   Dahlan
                peserta didik                 didirikan oleh
                dalam                         …..
                menyebutkan
                nama pendiri
                organisasi
                Muhammadiyah
                Untuk mengukur   A3   Wawanc 1. Bagaimana   1. Tidak
                adanya sikap         ara      pendapat kamu   keberata
                menghargai                    jika tempat
                orang lain pada               duduk kamu
                peserta didik                 bersebelahan
                                              dengan orang
                                              yang berbeda
                                              suku dengan
                                              kamu?
                                             2. Bahasa seperti   2. Mengguna
                                              apa yang kamu   kan
                                              gunakan pada   bahasa
                                              saat kamu     yang halus
                                              memanggil
                                              orangtuamu di
                                              rumah?
                Untuk mengukur   P1   Tes     Tirukan suara   Peserta tes
                kemampuan            praktik   azan (setelah   menirukan
           80
   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96