Page 92 - Evaluasi Pembelajaran
P. 92
peserta didik saya contohkan) suara azan
menirukan suara dengan
azan lafaz yang
benar
Dari contoh pada tabel di atas, tampak bahwa sangat
penting untuk menjaga kesesuaian antara tujuan
pengukuran dan aspek serta sub aspek hasil belajar,
dengan susunan kalimat pada butir
pertanyaan/pernyataan. Salah satu fungsi tabel kisi-kisi
instrumen adalah menjaga keseuaian tersebut. Dengan
penyusunan kisi-kisi instrumen, evaluator lebih yakin
bahwa butir-butir instrumen akan mengukur apa yang
seharusnya diukur secara akurat.
Selanjutnya, format tabel kisi-kisi instrumen dapat
dikembangkan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan,
misalnya menggunakan kolom yang lebih banyak dan
lengkap.
7. Analisis Kualitas Instrumen
Analisis kualitas instrumen diperlukan untuk
memperoleh instrumen yang handal. Analisis ini
dilakukan segera setelah butir-butir soal tersusun.
Sebagai bagian dari pengukuran tidak langsung, maka
pengukuran hasil belajar memerlukan instrumen yang
handal, sehingga hasil pengukurannya akurat dan dapat
dipercaya. Beberapa uji kehandalan yang umum
dilakukan adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen.
Sedangkan pada instrumen berbentuk tes, juga dilakukan
uji kehandalan berupa analisis daya pembeda dan tingkat
kesukaran butir soal tes. Secara lebih rinci, kehandalan
instrumen akan dibahas pada bab berikutnya.
Sebelum instrumen pengukuran digunakan atau
disimpan untuk keperluan mendatang, maka instrumen
tersebut harus melalui pengujian kualitas instrumen.
Pengujian kualitas instrumen umumnya meliputi:
81