Page 97 - Evaluasi Pembelajaran
P. 97
peserta atau responden ujicoba yang memiliki
karakteristik sama atau relevan dengan kelompok yang
menjadi target pengukuran.
Jika pengukurannya menggunakan sampel, maka
kelompok ujicoba bisa diambil dari anggota populasi
yang tidak terpilih sebagai sampel pengukuran. Dalam
konteks pengukuran hasil belajar, kelompok ujicoba
biasanya diambil dari kelompok yang berbeda dari
kelompok yang menjadi target pengukuran, misalnya
pada kelas parallel pada sekolah yang sama atau berbeda.
Kata kunci pada pemilihan kelompok ujicoba adalah
adanya kesamaan atau relevansi karakteristik antara
kelompok ujicoba dan kelompok target pengukuran.
Umumnya evaluator juga menghindari untuk
melakukan ujicoba pada kelompok yang sama dengan
kelompok target pengukuran, karena memungkinkan
terjadinya carry-out effect. Carry-out effect adalah
terjadinya pembiasan skor hasil pengukuran karena
peserta tes atau responden sudah pernah mengerjakan
dan menjawab butir-butir instrumen yang sama atau
mirip, sehingga skornya cenderung meningkat.
Jumlah peserta kelompok ujicoba umumnya di atas 30
orang. Berdasarkan beberapa penelitian, jumlah peserta
ujicoba di bawah 30 cenderung menghasilkan hasil
ujicoba yang kurang baik dan tidak konsisten.
Penambahan jumlah peserta ujicoba sampai dengan
jumlah tertentu, juga akan turut meningkatkan koefisien
reliabilitas instrumen.
Dari hasil ujicoba di lapangan, evaluator akan
menemukan butir-butir mana dari instrumen tersebut,
yang paling bagus untuk digunakan, harus direvisi, atau
harus dibuang.
86