Page 97 - Evaluasi Pembelajaran
P. 97

peserta  atau  responden  ujicoba  yang  memiliki
               karakteristik  sama  atau  relevan  dengan  kelompok  yang
               menjadi target pengukuran.
                  Jika  pengukurannya  menggunakan  sampel,  maka
               kelompok  ujicoba  bisa  diambil  dari  anggota  populasi
               yang  tidak  terpilih  sebagai  sampel  pengukuran.  Dalam
               konteks  pengukuran  hasil  belajar,  kelompok  ujicoba
               biasanya  diambil  dari  kelompok  yang  berbeda  dari
               kelompok  yang  menjadi  target  pengukuran,  misalnya
               pada kelas parallel pada sekolah yang sama atau berbeda.
               Kata  kunci  pada  pemilihan  kelompok  ujicoba  adalah
               adanya  kesamaan  atau  relevansi  karakteristik  antara
               kelompok ujicoba dan kelompok target pengukuran.
                  Umumnya     evaluator   juga   menghindari   untuk
               melakukan  ujicoba  pada  kelompok  yang  sama  dengan
               kelompok  target  pengukuran,  karena  memungkinkan
               terjadinya  carry-out  effect.  Carry-out  effect  adalah
               terjadinya  pembiasan  skor  hasil  pengukuran      karena
               peserta  tes  atau  responden  sudah  pernah  mengerjakan
               dan  menjawab  butir-butir  instrumen  yang  sama  atau
               mirip, sehingga skornya cenderung meningkat.
                  Jumlah peserta kelompok ujicoba umumnya di atas 30
               orang. Berdasarkan beberapa penelitian, jumlah peserta
               ujicoba  di  bawah  30  cenderung  menghasilkan  hasil
               ujicoba  yang  kurang  baik  dan  tidak  konsisten.
               Penambahan  jumlah  peserta  ujicoba  sampai  dengan
               jumlah tertentu, juga akan turut meningkatkan koefisien
               reliabilitas instrumen.

                  Dari  hasil  ujicoba  di  lapangan,  evaluator  akan
               menemukan  butir-butir  mana  dari  instrumen  tersebut,
               yang paling bagus untuk digunakan, harus direvisi, atau
               harus dibuang.




           86
   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102