Page 94 - Evaluasi Pembelajaran
P. 94
dengan format tertentu adalah agar analisis, koreksi,
dan masukan para pakar lebih terarah dan dapat
diberikan skor dengan pendekatan kuantitatif.
Kedua format tersebut pada dasarnya dapat
digunakan, yang penting secara substansi analisis
yang dilakukan mengacu pada kualitas komponen
pembentuk instrumen tersebut. Komponen
dimaksud adalah kesesuaian butir instrumen dengan
tujuan pengukuran dan karakteristik peserta
tes/responden, kualitas dan kesesuaian bahasa yang
digunakan, kejelasan petunjuk, dan kejelasan
pertanyaan atau pernyataan butir instrumen. Khusus
bagi instrumen yang dimaksudkan akan
menghasilkan skor hasil pengukuran, maka perlu
dianalisis pula kejelasan arah jawaban serta
pedoman pemberian skornya. Kadangkala evaluator
menggunakan format gabungan, yakni format
analisis kuantitatif dan kualitatif.
Contoh format evaluasi instrumen yang diberikan
kepada pakar atau teman sejawat adalah:
LEMBAR VALIDASI INSTRUMEN PENGUKURAN
Nama instrumen : Tes Hasil Belajar mata
pelajaran IPA
Penyusun/evaluator : Udin, S,Pd
Bentuk instrumen : Tes isian singkat
Jumlah butir : 25
Kisi-kisi : Terlampir
Petunjuk pengisian :
1. Berikan tanda contreng atau silang pada kolom
skor yang dianggap paling sesuai dengan
keadaan instrumen yang dianalisis.
2. Hitung-hitung rata-rata berdasarkan jumlah skor
(tanpa pembobotan)
83