Page 94 - Evaluasi Pembelajaran
P. 94

dengan format tertentu adalah agar analisis, koreksi,
                     dan  masukan    para  pakar  lebih    terarah  dan  dapat
                     diberikan  skor  dengan  pendekatan  kuantitatif.
                     Kedua  format  tersebut  pada  dasarnya  dapat
                     digunakan,  yang  penting  secara  substansi  analisis
                     yang  dilakukan  mengacu  pada  kualitas  komponen
                     pembentuk     instrumen    tersebut.   Komponen
                     dimaksud adalah kesesuaian butir instrumen dengan
                     tujuan  pengukuran  dan  karakteristik  peserta
                     tes/responden, kualitas dan kesesuaian bahasa yang
                     digunakan,  kejelasan  petunjuk,  dan  kejelasan
                     pertanyaan atau pernyataan butir instrumen. Khusus
                     bagi   instrumen     yang    dimaksudkan     akan
                     menghasilkan  skor  hasil  pengukuran,  maka  perlu
                     dianalisis  pula  kejelasan  arah  jawaban  serta
                     pedoman pemberian skornya.  Kadangkala evaluator
                     menggunakan  format  gabungan,  yakni  format
                     analisis kuantitatif dan kualitatif.

                     Contoh  format  evaluasi  instrumen  yang  diberikan
                     kepada pakar atau teman sejawat adalah:


                      LEMBAR VALIDASI INSTRUMEN PENGUKURAN
                     Nama instrumen      : Tes Hasil Belajar mata
                                           pelajaran IPA
                     Penyusun/evaluator  : Udin, S,Pd
                     Bentuk instrumen    : Tes isian singkat
                     Jumlah butir        : 25
                     Kisi-kisi           : Terlampir
                     Petunjuk pengisian  :
                      1. Berikan tanda  contreng  atau  silang pada kolom
                        skor  yang  dianggap  paling  sesuai  dengan
                        keadaan instrumen yang dianalisis.
                      2. Hitung-hitung rata-rata berdasarkan jumlah skor
                        (tanpa pembobotan)



                                                                     83
   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99