Page 90 - Evaluasi Pembelajaran
P. 90

terbuka,  biasanya  digunakan  pertanyaan/pernyataan
                 sebanyak 5-10 butir untuk jumlah waktu yang sama.
                  - Faktor  reliabilitas  instrumen.  Berdasarkan  banyak
                   penelitian,  jumlah  butir  instrument,  khususnya
                   instrumen  dengan  jawaban  tertutup,  jumlah  butir
                   yang  digunakan  dalam  pengukuran  berpengaruh
                   terhadap    reliabilitas   atau   konsistensi   hasil
                   pengukuran. Semakin banyak jumlah butir instrumen,
                   maka  reliabilitas  cenderung  meningkat  mendekati
                   angka  1,00  secara  logaritmik.  Artinya,  penambahan
                   butir  cenderung  meningkatkan  angka  reliabilitas
                   sampai    pada    jumlah   butir   tertentu,   tetapi
                   peningkatannya  cenderung  melambat  mulai  pada
                   jumlah  butir  tertentu.  Umumnya,  butir  instrumen
                   sebanyak  40-50  butir  sudah  cukup  memadai  untuk
                   mencapai  hasil  pengukuran  yang  konsisten.  Kaitan
                   jumlah  butir  dengan  angka  reliabilitas  ini  akan
                   dibahas pada bab berikutnya dari buku ini.

              6.  Menyusun Kisi-Kisi dan Butir Instrumen
                   Langkah  terakhir  dalam  perencanaan  penyusunan
                 instrumen  adalah  menyusun  kisi-kisi  dan  butir
                 instrumen.  Kisi-kisi  merupakan  format  berbentuk  tabel
                 yang  dijadikan  sebagai  batasan  (frame)  penyusunan
                 instrumen. Kisi-kisi umumnya dinyatakan dalam format
                 tabel  dengan  kolom-kolom  tertentu  yang  minimal
                 memuat  tujuan  pengukuran,  aspek  dan  sub  aspek  yang
                 diukur, butir pertanyaan/pernyataan instrumen, beserta
                 jawabannya.  Dalam  format  yang  lebih  lengkap,  kisi-kisi
                 dapat  juga  memuat  informasi  tentang  pedoman
                 pemberian  skor  dan  karakteristik  butir  instrumen,
                 seperti  tingkat  vaiditas  dan  reliabilitas  instrumen,  atau
                 tingkat kesukaran dan daya pembeda butir soal tes.

                 Contoh  kisi-kisi  instrumen  pengukuran  aspek  kognitif
                 berbentuk tes, adalah sebagai berikut:



                                                                     79
   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95