Page 106 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 106

mengembangkan  perspektif  yang  berbeda  dan
                   pemahaman baru dari sebuah masalah.
                      Dalam  tahapan  ini  perlu  juga  dipahami,  bahwa
                   beberapa  anak  mungkin  tidak  menikmati  membaca
                   atau  mengalami  kesulitan  membaca.  Akibatnya  anak
                   dapat  memproyeksikan  motif  mereka  sendiri  ke
                   karakter, dan hanya memperkuat situasi mereka untuk
                   bertahan,  sehingga  menerima  hasil  negatif.  Beberapa
                   peserta  mungkin  bersikap  defensif  dan  tidak  mau
                   membicarakan masalah mereka karena mereka merasa
                   tidak  nyaman  dengan  situasi.  Oleh  karena  itu,
                   kebutuhan dan keinginan anak harus diperhatikan, dan
                   anak tidak harus dipaksa untuk berbagi perasaan jika
                   mereka merasa tidak nyaman.
                   2.  Pembentukan kelompok

                      Sebelum  pembentukan  kelompok,  identifikasi
                   kebutuhan siswa. Selanjutnya mencari bahan yang tepat
                   dengan kebutuhan siswa. Buku-buku yang dipilih harus
                   memenuhi  kriteria  sebagai  berikut:  sesuai  dengan
                   kemampuan  membaca  anak,  sesuai  dengan  tingkat
                   kedewasaan  anak,  tema  dalam  buku  harus  sesuai
                   dengan kebutuhan anak, karakter tidak stereotip, alur
                   harus  mencakup  pemecahan  masalah  secara  kreatif,
                   dan  anak  harus  mampu  mengidentifikasikannya.
                   Penting  bagi  guru  untuk  mengetahui buku dan isinya
                   sebelum digunakan sebagai bahan untuk layanan ini.
                   3.  Pelaksanaan
                      Awali kegiatan dengan memberikan motivasi pada
                   anak,  dan  membuat  anak  merasa  nyaman  dalam
                   kelompok.    Penciptaan    suasana   positif   dan


                                         95
   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111